Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana melalui Media Gambar Berseri di Kelas III SDN 3 Taraju

  • Aisya Nurul Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Geri Syahril Sidik Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Deni Chandra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Karangan Sederhana, Kemampuan Menulis, Media Gambar Berseri, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Menulis karangan sederhana merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena melatih siswa untuk mengungkapkan ide secara tertulis secara runtut dan logis. Namun, kenyataannya, keterampilan ini masih menjadi tantangan bagi siswa kelas III SDN 3 Taraju. Dari 10 siswa, hanya satu siswa (10%) yang mampu menulis dengan baik, sedangkan sembilan siswa (90%) lainnya mengalami kesulitan dalam menyusun karangan. Kesulitan ini tampak dari rendahnya antusiasme saat pembelajaran berlangsung, hasil tulisan yang tidak lengkap, serta kecenderungan siswa untuk menyalin dari buku tanpa struktur yang jelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, rendahnya minat menulis disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik, karena selama ini pembelajaran masih berfokus pada buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui penerapan media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan nilai rata-rata perencanaan sebesar 3,4 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,8 pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan persentase 70% menjadi 90% pada siklus II. Kemampuan siswa dalam menulis karangan juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, persentase ketuntasan sebesar 40%, meningkat pada siklus II menjadi 100%. Persentase peningkatan hasil belajar mencapai 60%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media gambar berseri efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru memanfaatkan media ini sebagai alternatif pembelajaran yang menarik dan mendukung pengembangan keterampilan menulis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alerbitu, Nulice, et al. "Assessment For Learning dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 6, no. 7, 1 Jul. 2021, doi:10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Ardianto, Mutmainah, D. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD Al-Khairaat Airmadidi Atas. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis, 4(2), 2–6.

Arsyad. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.287

Handayani. (2018). Meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana melalui media gambar seri pada siswa kelas III. Nucleic Acids Research,

Hasan, H. (2021). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(4), 169–175. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.99

Hidayah. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877

Indrawan, W. V. D., Ibawi, M. M., & Attalina, S. N. C. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Memanfaatkan Media Gambar Seri Di SD Negeri 1 Krasak Bangsri. 2(5), 68–82.

Lestari, W. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Melalui Media Gambar Berseri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Mi Muhammadiyah Kalimandi. Jurnal Ilmiah Ibtida: Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.58410/ibtida.v3i1.553

Marlani, et all. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427

Praheto, W. (2021). Peningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Media Komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 704–713.

Pratiwi. (2023). Penggunaan Media Cerita Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ProsidingKonferensiIlmiahDasar, 4, 517–524. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Rahareng, A. P., Abdurrachman, O., & Mahananingtyas, E. (2025). Pengaruh Model Contecxtual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Bingo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri Latihan 2 SPG Ambon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 279-286.

Rahmawati, E. A. (2018). Pengembangan Puci (Pop Up Culture of Indonesia) Sebagai Media Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Sd/Mi. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 126–140. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2043

Ramadhani, N. P., & Azmy, B. (2025). PENGARUH METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA STICKY NOTES TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 120-128.

Rohilah, R., & Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 51. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3745

Saepurokhman. (2022). Pembelajaran Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas III SD Negeri 03 Cibunar Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2020/2021). STKIP Sebelas April Sumedang, 1(2), 56–61.

Sukartiningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa melalui Pembuatan Infografik Pokok Bahasan Teks Prosedur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 75–85. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i2.208

Sulistyowati, E., Cahyono, B. E. H., & Sholeh, D. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana MelaluiProblem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra Dan Pembelajaranya, 7(2), 112–122. https://doi.org/10.25273/linguista.v7i2.19686

Suparno&Yunus. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Strategi Menulis Terbimbing Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9), 7.

Suryadi2020. (2009). Menurut Para Ahli Adapun wilayah kajian PTK adalah masalah atau problem. Organics Company, 03–04.

Ulfa, M., & El-Yunusi, M. Y. M. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN GANTING SIDOARJO. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 161-169.

Wibowo. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245

Wiwit Murzian. (2023). Penerapan Metode Bercerita Berbais Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Pikir Dan Daya Mendengarkan. 13(1), 1–23.

Yulistia, Wulan, N. S., & Fajrussalam, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan, 21(2), 741–749.

Zalukhu. (2023). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning. Journal on Education, 6(1), 5793–5800.

Published
2025-10-03