Manajemen Kelas Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi pada Siswa di SD Negeri 2 Nabire
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menerapkan manajemen kelas interaktif, respons dan keterlibatan siswa, serta dampaknya terhadap pemahaman materi di SD Negeri 2 Nabire. Jenis penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik yaitu wawancara dan observasi, yang kemudian dilakukan analisis tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian menggunakan kriteria yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis diskusi, presentasi, dan pengaturan tempat duduk fleksibel yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Respons siswa ditandai dengan meningkatnya partisipasi, keberanian berpendapat, dan motivasi belajar baik di kelas maupun di rumah. Dampak dari penerapan manajemen kelas interaktif terlihat pada peningkatan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, serta rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan pendapat. Berdasarhan hasil penelitian menegaskan bahwa manajemen kelas interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif sekaligus meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
Downloads
References
Abdillah, M. I., Hunaida, W. L., & Muqit, A. (2024). Implementasi Game Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di Era Digital. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 1099-1107.
Ahyani, D., Rosmana, P. S., Tazkiyah, N. T., Fauzi, J., & Zulfa, N. (2025). Analisis Strategi Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 6(2).
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa Dan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98-112.
Berliani, T., Wahyuni, R., Nugroho, P. J., & Febriyanti, L. (2024). Manajemen kelas pada penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dasar. Equity In Education Journal, 6(2), 37-43.
Bukhori, H. A., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., & Saepulloh, S. (2023). Efektivitas Manajemen dalam Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 65-78.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Dewi, D. M. D. K., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2024). Multimedia Interaktif sebagai Media Kreatif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 306-317.
Djatmika, E. T., & Praherdhiono, H. (2024). Belajar matematika lebih menyenangkan: pengembangan multimedia interaktif berbasis gamifikasi untuk operasi bilangan bulat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 5045-5060.
Fauzan, F., & Ayu, S. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Di UPT SPF SMP Negeri 21 Makassar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 759-780.
Herlisti, R. D., & Ningsih, T. (2025). Strategi Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran IPS Di SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1725-1733.
Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.
Jaya, A., Kasmawati, K., Lilianti, L., Rahma, R., & Herlian, H. (2024). Transformasi pendidikan: meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui integrasi model pembelajaran berbasis teknologi. Edum Journal, 7(1), 1-15.
Kamal, M. J. (2024). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 279-284.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi pengelolaan kelas melalui penerapan metode role playing dalam meningkatkan partisipasi siswa di kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121-136.
Kartika, D. A. B., Agustika, G. N. S., & Sujana, I. W. (2024). Bahan Ajar Powerpoint Interaktif Berbasis Open ended problem Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Muatan Matematika.
Kusuma, M. W., Nuramalia, T., Ain, T. Q., & Heryadi, Y. (2025). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 37-64.
Luthfiyani, P. W., & Murhayati, S. (2024). Strategi memastikan keabsahan data dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).
Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan pembelajaran yang interaktif dalam menumbuhkan critical thinking siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 10-10.
Mahbubi, M. (2025). Analisis implementasi pembelajaran berbasis gamifikasi pada peningkatan motivasi belajar siswa. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-9.
Mekalungi, N., Rachmawati, F. P., & Wulandari, M. D. (2025). Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 1215-1224.
Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65.
Nafisah, Z., & Kunaepi, A. (2025). Urgensi Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 17-26.
Natalia, D., Herpratiwi, H., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan modul IPAS berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 327-338.
Palandi, E. H., Sriyuliawati, F., & Aziz, A. (2025). Peran Teknologi dalam Pengembangan Sistem E-Learning yang Interaktif dan Efektif bagi Pendidikan. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 6(7), 1987-1997.
Pramesti, N. P. I., Kristiantari, M. G. R., & Sujana, I. W. (2024). Komik Digital Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 285-294.
Rahma, D., Ihwani, N. N., & Hidayat, N. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital Sebagai Media Interaktif Pada Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 12-21.
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip Pdf Profesional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178-195.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Sabiila, O. P. A. (2024). Penggunaan Wordwall Sebagai Media Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Polehan 1. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(5), 12-12.
Saputra, G. F., Asrin, A., & Novitasari, S. (2024). Analisis Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi IPAS. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(4), 709-716.
Shoimah, S., & Khuriyah, K. (2024). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Congol. Khazanah Akademia, 8(01), 14-25.
Siregar, M., Majidah, H., Sitio, R., & Harahap, T. R. (2022). The Role of Autonomy, Competence and Relatednes in Efforts to Increase Student Involvement in Face-to-Face Learning Post-COVID 19; Perspective of Self Determination Theory. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 491-497.
Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 77-85.
Sriyanta, A. (2023). Kemajuan Digital Dalam Pembelajaran Mengubah Paradigma Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 4(2), 312-325.
Sutisna, D., & Indraswati, D. (2020). Kecakapan Manajemen Kelas Guru Sebagai Upaya Penyelesaian Problematika Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 204-220.
Sugi, A. T. (2025). Pengaruh Penggunaan E-Modul Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNM. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2).
Telussa, R. P., Rangkoly, S. A., Hidayatillah, T., & Bakri, A. S. (2025). Educational Innovation Through Audiovisual Media: Enhancing Student Motivation And Mathematical Literacy. Educatione, 184-193.
Tamaela, K., Telussa, R. P., & Sopacua, A. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA Negeri 29 Maluku Tengah:(The Effect of the Video Assisted Discovery Learning Model on The Analytical Thinking Ability of Student of SMA 29 Maluku Tengah). BIODIK, 10(1), 35-42.
Usia, Z., Mahananingtyas, E., & Ritiauw, S. P. (2025). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Inklusif Di Kelas IV SD Negeri 1 Poka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 444-459.
Utubira, E. E. M., & Pangeti, J. (2025). Reformulasi Manajemen Pendidikan Era Digitalisasi: Kajian Implementasi Learning Management System Di Lingkungan Pendidikan. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 13(1), 314-326.
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.
Widyaningrum, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen pengelolaan kelas untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa sekolah dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(2), 181-190.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under