Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS melalui model pembelajaran Index Card Match. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri Siuf yang berjumlah 10 orang terdiri dari 2 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan angket dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi guru, observasi peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dapat yang dilihat dari presentase pada siklus I dari 10 peserta didik yang dikatakan tuntas atau yang mencapai KKTP pada siklus I yaitu sebesar 40% dan yang tidak mencapai KKTP pada siklus I sebesar 60% dengan rata-rata 54%. Pada siklus II dari 10 peserta didik yang dikatakan tuntas atau mencapai KKTP pada siklus II yaitu memperoleh skor presentase ketuntasan sebesar 80% dan yang tidak mencapai KKTP pada siklus II yaitu memperoleh skor presentase ketuntasan sebesar 20% dengan rata-rata perolehan skor pada siklus II yaitu 73%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkat dikelas IV UPTD SD Negeri Siuf.
Downloads
References
Abdulah, A. N., Dhae, V. A., Bhaya, M. C., & Demu, F. Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sdk Detumbawa Kelas 5. 2(3), 731–738.
Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Barlian, U. C., Soleka, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdekadalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research.
Hasanah, M., Praptiningsih, P., & Sugiyat, S. (2025). The Effectiveness of the Index Card Match Learning Model in Improving Mathematics Learning Outcomes on Plane Figures. FONDATIA, 9(3), 673–690. https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i3.5893
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175
Khasna, F. T., & Fatmawati, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Model P3e Berorientasi Metode Eksperimen Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Dan Critical Thinking Skills Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 557–568. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1190
Letasado, M. R., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. W. (2024). Analisis Perspektif Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Di Daerah 3T. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(3), 250–255. https://doi.org/10.51494/mpf.v2i3.1642
Maiata, Y. & Sunimbar. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Index Card Match Berbantuan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab 5 Topik B Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar PGSD Flobamorata, 2(3), 273–278. https://doi.org/10.51494/mpf.v2i3.1691
Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. 2(1), 152–160.
Nasution, N. E. A., Harsono, T., Rizka, C., & Almeda, R. (2017). The Effect of Index Card Match Model on Students Learning Outcomes and Activity in Ecosystem Topic for Grade X SMA N 8 Medan. Journal of Education and Practice, 8(33).
Sugiharti, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81.
Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. 4(3), 132–142.
Copyright (c) 2025 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under