Pengaruh Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPAS SDN 2 Rasau Jaya

  • Dhea Marsella Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Indonesia
  • Risdiana Andika Fatmawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Indonesia
  • Dessy Setyowati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 2 Rasau Jaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang termasuk dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Rasau Jaya. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik Kelas VA (kelas eksperimen) dan VB (kelas kontrol) SDN 2 Rasau Jaya. Teknik yang digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan Purposive Sampling. Pada pengumpulan data, penelitian menggunakan soal tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent T-Test yang didahului dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode mind mapping dan kelas kontrol dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Hasil rata-rata perolehan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 63,70 lebih baik dari hasil rata-rata nilai posttest kelas kontrol, yaitu sebesar 55,78. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Independent T-Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed 0,039 < 0,05, keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 2 Rasau Jaya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduah Sani, Ridwan. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ade Andre Payadnya, I Putu. dkk. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyaarta : CV. Budi Utama.

Alerbitu, N., Harsiati, T., Hasanah, M. (2021). Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6 (7), 1099-1107. DOI: 10.17977/jptpp.v6i7.14932.

Buzan, Tony. (2006). Buku Pintar Mind Mapping. PT Gramedia Pustaka Utama.

Husamah, dkk (2016). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Malang.

Jannah, M. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas XI SMK. Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 77-84.

Kusumaningrum, Annisa. Arfian Istiqomah, Cici dan Sari Dwi Astuti. (2022). “Esensi IPAS Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial”. Surakarta : Penerbit Mediatama.

Lestari, Karunia Eka dan Mukhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Mahananingtyas, E. (2016). Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 4 (1), 17-25.

Maryami, dkk. (2023). Reka Baru Media Pembelajaran. PT Cahya Ghani Recovery.

Misbahul, & Iqbal Hasan. (2022). “Analisis Data Penelitian dengan Statistik”. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Mulyani, Sri. (2022). Penilaian Dalam Teori dan Praktik. Jawa Timur : CV. Caremedia Communication.

Nita Mei Ekawati, Diana Kusumaningrum. (2020). “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019”. Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 5 Nomor 2.

Pandriadi, dkk. (2023). Statistika Dasar. Jawa Barat : Widina Media Utama

Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi, S. (2022). Pengaruh metode mind map dengan media komik terhadap minat baca dan hasil belajar kognitif siswa. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 2(2), 71-87.

Retno Wulandari, Ana Yuniasti & Nur Qomaria. (2024). Analisis Statistik Deskriptif dan Uji Hipotesis dengan SPSS. Madiun : CV. Bayfa Cendekia Indonesia

Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv.

Suhelanti, dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). PT Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv.

Sulaiman, dkk. (2022). Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Green Pustaka Indonesia.

Swardana, Doni. (2013). “Penerapan Mind Mapping dalam kurikulum pembelajaran”. Jakarta: PT. Gramedia.

Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS. PT Garudhawaca.

TI, Herdin. (2017). 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius. Jakarta : PT. Gramedia

Telaumbanua, Aprianus, dkk., (2025). Perkembangan Peserta Didik. Sumatera Barat Azziya Karya Bersama.

Wahab, Gusnarib dan Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Adanu Abimata.

Wilda, Susanti. (2021). Pembelajaran aktif, kreatif dan mandiri Pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta : Penerbit Samudera Biru

Widiyono. (2021). Strategi Belajar Yang Menyenangkan. PT Lima Aksara.

Published
2025-10-20