Survey Minat Siswa SMA terhadap Program Studi Pendidikan Jasmani di Daerah Terluar Maluku Barat Daya

  • Petra Pratama Ritiauw Program Studi Pendidikan Jasmani PSDKU Aru Universitas Pattimura, Indonesia
  • Stella Rumawatine Program Studi Pendidikan Jasmani PSDKU Aru Universitas Pattimura, Indonesia
  • Jusak Syaranamual Program Studi Pendidikan Jasmani PSDKU Aru Universitas Pattimura, Indonesia
  • Ade Rahmat Pendidikan Jasmani IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: Minat Siswa, Pendidikan Jasmani, Pulau-Pulau Terluar, Maluku Barat Daya, PSDKU Universitas Pattimura

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran formal yang diberikan sejak jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat siswa SMA kelas XI terhadap program studi Pendidikan Jasmani di daerah pulau-pulau terluar, yaitu Pulau Leti, Pulau Moa, dan Pulau Lakor di Kabupaten Maluku Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat siswa terhadap program studi Pendidikan Jasmani tergolong sangat tinggi, dengan 57% responden menyatakan sangat setuju dan 34% menyatakan setuju terhadap pilihan melanjutkan studi pada program studi Pendidikan Jasmani. Tingginya minat ini dipengaruhi oleh pandangan siswa bahwa pendidikan jasmani merupakan bidang yang relevan dengan potensi diri dan kebutuhan daerah, di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Universitas Pattimura dan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai rujukan dalam pembukaan Program Studi Pendidikan Jasmani pada kampus PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Maluku Barat Daya. Pembukaan program studi ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi di bidang olahraga serta mendukung peningkatan sumber daya manusia di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir Ateng. 1999. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdikbud.

Abdul Rahman Abror. 1998. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Adang Suherman dan Agus Mahendra. 2002. Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani SMU. Jakarta : Depdiknas.

Ahmadi, A. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bimo Walgito . 2004. Bimbingan Konseling Di sekolah. Yogyakarta :

Andi Offset. Dewa Ketut Sukardi. 1984. Bimbingan Belajar Di Sekolah-sekolah. Jakarta : Ghalia Indonesia.1993. Analisis Inventori Minat dan Kepribadian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi. 1985. Pengantar Psikologi. Bandung :

Pn.Tarsip. Elfi Yuliani Rochmah. 2005. Psikologi Perkembangan. Ponorogo : STAIN.

Elizabeth B. Hurlock. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Engkos Kosasih. 1993. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek SMP 2. Jakarta : Erlangga.

Harsuki dan Soewatini Elias. 2003. Perkembangan Olah Raga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Husdarta, J. S. (2011). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, W. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Bandung: Refika Aditama.

Muhamad Surya. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta : Mahaputra Adidaya.

Mahendra, A. (2017). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Merlin Olivia Dagasou, Ariantjie Lesnussa, Elsinora Mahananingtyas (2022). Survei Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Jitsi Meet Pada Siswa SD Negeri 4 Ambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Vol 10 No 1 Tahun 2022

Ria Anjelina Siahaan, Christa Voni Roulina Sinaga,dkk. Pengaruh Cerita Bergambar Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas III Sd Negeri Bah Sampuran. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. Vol 10 No 2 Tahun 2022

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Published
2025-10-28