PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PADA KONSEP MOBILITAS SOSIAL DI PKBM MEKAR SARI KABUPATEN NABIRE PAPUA

  • Rivaldo Paul Telussa Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire
Keywords: Model Pembelajaran, Picture and Picture, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Penelitian dilakukan di PKBM Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua selama 6 bulan dari bulan Februari-Juni 2019 dengan jumlah warga belajar sebanyak 25 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, instrumen tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan analisis secara kuantitatif yaitu menghitung skor rata-rata dan menghitung presentasi yang mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar warga belajar pada siklus I sebesar 33,20% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 9 orang dengan presentasinya adalah 36%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar warga belajar sebesar 45,60% dengan jumlah warga belajar yang tuntas adalah 23 orang dengan presentasinya adalah 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran sosiologi dengan konsep mobilitas sosial di PKBM Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Kuraedah, St & Saliadin, La. 2016. Penerapan Metode Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B Di MIN Konawe Selatan Kec Konda Kab Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib Vol 9. Kendari
Mahananingtyas, E. 2018. Pendekatan Konstruktivis Sosial Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SD Kelas IV. Jurnal Pegagogika dan Dinamika Pendidikan, 6 (1), 34-44
Miftahul, H. 2012. Cooperativ Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryadi, A. 1999. Pendidikan Investasi SDM dan Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Sutikno, S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Palguna, Putu Ngurah Dwija, Ni Nyoman Garminah, Dewa Nyoman Sudana. 2015. Penerapan Metode Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Beseri Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD, 3 (1)
Pebriana, Gade Risa, I Ketut & Ndara Tanggu Rendra. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 7 (1), 1-10
Prihatiningsih, E & Setyanigtyas, W.E. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPSD, 4 (1) 1-14
Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3, (1), 64-73.
Sigmarlatu, R. Ritiauw, S. P & Mahaningtyas, E. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Latihan SPG Ambon. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 7 (1) 45-61
Tustyana, I Kd Nova Kurnia, Dibia & Kusmariyatni. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 4 (1), 1-11
Published
2021-01-06