STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEMITRAAN DENGAN KELUARGA SENDIRI PADA SD NEGERI 2 HULALIU

  • Nathalia Yohana Johannes Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Lisye Salamor Prodi Pend. Kewarganegaraan Universitas Pattimura
  • Eukaristy Stevania Taihuttu Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Strategi, Pendidikan Karakter, Kemitraan, Keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa SD Negeri 2 Hulaliu dengan memaksimalkan peran orang tua. Metode peneltian yang digunakan adalah kualitati deskriptif. Dari hasil penelitian terlihat bahwa penerapan strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri 2 Hulaliu, sekolah memberikan ruang bagi orang tua murid agar dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa dan siswa dengan temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsmini. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Reneka Cipta.
-------------------------- 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Dalimunthe. (2015.Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1: 102-111.
Daryanto.2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta)
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan
Praktik. Yogyakarta: UNY Press
Darling N. (2007). Ecological Systems Theory: the Person in the Center of the Circles. Research in Human Development. 4 (3-4): 203-217
Dharma Kesuma, dkk. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Doni Kesuma A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teoridan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Lickona. 1991. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Miller PH. (2011). Theories of Developmental Psychology: Fifth Edition. New York: Worth Publishers.
Muchlas Samani. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Novika Malinda Safitri (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Smp N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor2 : 173-183
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.
Ryan dan Lickona, (1992). Character Development: The Challange and the Model”. Di dalam: Character Development in School and Beyond. Cultural Heritage and Contemporary Change, Series IV. Foundation of Moral Education, Volume 3
Safitri, N. M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMP N 14 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).
Samani dan Hariyanto.2011. Konsepdan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sandarwati, Inira, F. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2: 245-260.
Saiful Bahri.2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. TA’ALLUM Vol 03.
Siskandar (2003:22). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Soesilo, Nining. (2002). Manajemen Strategi disektor Publik. Jakarta: Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
UNICEF. (2014). Hidden in Plain Sight: A Statistical Analysis of Violence Against Children. New York: UNICEF.
Walker L J. (1999). “The Family Context for Moral Development”. Journal of Moral Education. 28.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.
Zubaedi.(2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2021-04-23