STRATEGI SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEMITRAAN DENGAN KELUARGA SENDIRI PADA SD NEGERI 2 HULALIU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa SD Negeri 2 Hulaliu dengan memaksimalkan peran orang tua. Metode peneltian yang digunakan adalah kualitati deskriptif. Dari hasil penelitian terlihat bahwa penerapan strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri 2 Hulaliu, sekolah memberikan ruang bagi orang tua murid agar dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa dan siswa dengan temannya.
Downloads
References
-------------------------- 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Dalimunthe. (2015.Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1: 102-111.
Daryanto.2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta)
Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan
Praktik. Yogyakarta: UNY Press
Darling N. (2007). Ecological Systems Theory: the Person in the Center of the Circles. Research in Human Development. 4 (3-4): 203-217
Dharma Kesuma, dkk. (2011) Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Doni Kesuma A. (2009). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teoridan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Lickona. 1991. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Miller PH. (2011). Theories of Developmental Psychology: Fifth Edition. New York: Worth Publishers.
Muchlas Samani. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Novika Malinda Safitri (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Smp N 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor2 : 173-183
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Depdiknas.
Ryan dan Lickona, (1992). Character Development: The Challange and the Modelâ€. Di dalam: Character Development in School and Beyond. Cultural Heritage and Contemporary Change, Series IV. Foundation of Moral Education, Volume 3
Safitri, N. M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di SMP N 14 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).
Samani dan Hariyanto.2011. Konsepdan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sandarwati, Inira, F. (2016). Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 2: 245-260.
Saiful Bahri.2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. TA’ALLUM Vol 03.
Siskandar (2003:22). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.
Soesilo, Nining. (2002). Manajemen Strategi disektor Publik. Jakarta: Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
UNICEF. (2014). Hidden in Plain Sight: A Statistical Analysis of Violence Against Children. New York: UNICEF.
Walker L J. (1999). “The Family Context for Moral Developmentâ€. Journal of Moral Education. 28.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.
Zubaedi.(2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Copyright (c) 2021 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.