PERAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SD INPRES 19 AMBON

  • Elsinora Mahananingtyas Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Ariantjie Lesnussa Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Hasan Nussy Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SD Inpres 19 Ambon. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan cara/kemampuan yang dimiliki oleh kepala sekolah tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan seorang kepala sekolah dalam melaksanakan pekerjaannya dan untuk itulah seorang kepala sekolah harus mempunyai kompetensi untuk mencapai tujuan sekolah. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian dari peran dan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah berlangsung dalam proses yang berkesinambungan secara sistematik dan terstruktur yang meliputi tujuh komponen tugas dan peran kepala sekolah yaitu: 1). Kepala sekolah sebagai Educator, 2). Kepala sekolah sebagai Motivator, 3). Kepala sekolah sebagai Manajer, 4). Kepala sekolah sebagai Innovator, 5). Kepala sekolah sebagai Supervisor, 6). Kepala sekolah sebagai Leader, dan 7). Kepala sekolah sebagai Administator. Sedangkan manajemen kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah dijalankan susai dengan empat tahap sebagai berikut: 1). Perencanaan (Planning), 2). Pengorganisasian (Organizing),3). Pelaksanaan atau penggerakan (Actuating), dan 4). Pengawasan (Controling).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah dan Cepi Triatna, (2005) Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara).
Agustinus, Hermino, (2016) Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi (Yogyakarta: Pustaka Belajar).
Anizah dan Winda F. Maretta 2017. Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. Vol 2, No.1, Januari-Juni
Biyantu. (2007). Manajemen Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Pekanbaru) Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandung: UPI
Dasaad, 2015, Analisis Hubungan Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT ADAM JAYA, Jurnal Ekonomi Bisnis, Universitas Gunadarma, Vol.20, No.1,
Darliana Sormin, 2017 Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Muhammadiyah 29 Padang sidimpuan Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman Vol. 2 No. 1 Januari – Juni
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996), 751.
E. Mulyasa, (2007) Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).
Edward Sallis, (2008) Total Quality Management, (Jogjakarta: IRCiSoD),
Handoko, T. Hani, (2003), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.
Hidayat R., Yuyun E. P Dan G. H. Laihadi Kepuasan Kerja Guru Dan Peran Kepemimpinan Pendidikan: Survei Guru Di Bogor Dan Sekitarnya Jmp Universitas PGRI Semarang Vol 7.No. 3.
Ismail Solihin, 2009 Pengantar Manajemen, Erlangga, Jakarta,
Juliantoro, M. (2017). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, Vol 5 No 2
Khotimah T. N. Hidayah 2019 “Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Empirik SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019) Skripsi Institut Agama Islam Negeri (Iain) Salatiga.
Mahananingtyas, Elsinora. 2019. Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Efikasi Diri Mahasiswa PGSD. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, https://conference.unikama.ac.id/artikel/ Vol. 3, November 2019, hal.16
Malayu S.P Hasibuan (2007). Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Nurilatul R.Y.,Ani R. M., Septi N., Sri wahyuni 2020 “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik” jurnal Universitas Muhammadiyah Malang Volume 2 Nomor 1
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
Rika D. S, Suprayitno dan Sutarno (2015) Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Guru PNS di SMP Negeri 1 Jumapolo). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 1 Maret 2016: 59 – 67
Sondang, P Siagian, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiono 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfa Bata.
Sukmadinata Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Supardi, 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-undang Pemerintah RI No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2021-04-24