PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV MI SALMAN AL-FARISI LIANG

  • Nurul Anisa Ali Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Johannis Takaria Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Nessy Pattimukay Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Hasil Belajar Siswa, Matematika SD

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil jika siswa dapat memahami konsep, penguasaan materi, serta hasil akhir yang diperoleh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM).  Terkait dengan hal tersebut tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas IV yang berlokasi pada MI Salman Al-Farisi Liang, dan tipe penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV MI Salman Al-Farisi Liang yang berjumlah 15 orang siswa, untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa digunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dengan hasil perhitungan N-gain diperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger 73,3% siswa dengan peningkatan hasil belajar matematika berada pada kategori tinggi, 20% siswa berada pada kategori sedang, dan 6,6% siswa berada pada kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafoor, K., & Kurukkan, A. (2015). Why High School Students Feel Mathematics Difficult? An Exploration of Affective Beliefs. Paper presented In UGC Sponsored National Seminar on Pedagogy of Teacher Education-Trends and Challenges At Farook Training College, Kozhikode, Kerala. Online (Tersedia): https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED560266.pdf
Ajie, W. T. S., Ramalis, T. R., & Liliawati, W. (2013). Penerapan Metode Science Literacy Circles (Slc) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Mengembangkan Karakter Siswa Smp. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1), 12–17. https://doi.org/10.17509/wapfi.v1i1.4889
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Ferdianto, F. (2015). Media Audio Visual Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Ix. Euclid, 2(2), 306–314. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.365
Sari, Y. I., & Putra, D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 30–38.
Takaria, J. (2018). The Ability Of Statistical Literacy Student Teacher Candidate In Terms Of Prior-Ability On Mathematics. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395-408.
Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395-408.
Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Melalui Hukum Kekekalan Isi (Apakah Anak Saya Sesuai Dengan Teori Piaget). Jurnal Pedagogika & Dinamika Pendidikan, Vol 7(1), 1-11.
Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 30–40. https://doi.org/10.17977/um17v23i12018p030
Verhoeven, P. (2006). Statistics education in the Netherlands and Flanders: An outline of introductory courses at Universities and Colleges. In ICOTS-7 Conference Proceedings
Published
2021-04-27