PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode active learning pada pembelajaran fikih, dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Serta, untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan metode active learning dalam proses pembelajaran. Metode active learning dimaknai sebagai cara pandang yang menganggap belajar sebagai kegiatan membangun makna atau pengertian terhadap pengalaman dan informasi yang dilakukan oleh si pembelajar, bukan oleh si pengajar, serta menganggap mengajar sebagai kegiatan menciptakan suasana yang mengembangkan inisiatif dan tanggung jawab belajar si pembelajar sehingga berkeinginan terus untuk belajar selama hidupnya, dan tidak tergantung kepada guru atau orang lain bila mereka mempelajari hal-hal yang baru. Melalui pendekatan active learning ini, siswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini, biasanya siswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode active learning, hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih meningkat. Hal ini dikarenakan siswa tidak hanya mengetahui materi saja, tetapi memahami sekaligus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Abu Ahmadi & Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung : Pustaka Setia, 2005), h. 120
A. Fatah Yasin, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Sukses Offset, 2008), h. 180-181
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Bonwell, C.C., Active Learning: Creating Excitement In The Classroom, Center for Teaching and Learning: St. Louis College of Pharmacy, 1995
Budi Tama, Novian. Model Pembelajaran Active Learning. http://novian25.blogspot.com, diakses pada 14 Agustus 2020
Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta : Direktorat Pendidikan Keagamaan, 2002), h. 80
Dwi Sulistyaningsih dan Iswahyudi Joko, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan CD Pembelajaran Materi Ekponen Kelas X, dalam Jurnal UNIMUS yang merupakan Hasil LPPM UNIMUS 2012, ISBN : 978-602-18809- 0-6, hal : 325
Ellys J. Ed, Kiat-Kiat Meningkatkan Potensi Belajar Anak, (Bandung : Pustaka Hidayah, 2004), h. 29
Hariyanto dan Warsono. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta : Islam Madani, 2006), h. xiv
Indra Djati Sidi, Menuju Masyarakat Belajar, (Jakarta : Paramadina dan Logos, 2003), h. 24
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah (KMA No. 183 Tahun 2019), h. 55
Machmudah, Ummi. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN-Malang Press
Mahananingtyas, E. (2016). Metode quantum learning untuk meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 17-25.
Maisaroh dan Rostrieningsih, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor, dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2, November 2010, h. 159
Melvin L. Silberman, Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung : Nusamedia, 2006), h.16
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2006), h. 28-29
M. Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung : Remaja Rasdakarya, 2002), h. 46-47
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, (Jakarta ; Remaja Rosdakarya, 2003), h. 22
Prawiro, M. Pengertian Metode: Apa itu Metode, Bagaimana Karakteristiknya. https://www.maxmanroe.com, diakses pada 14 Agustus 2020
Putra, Maywansyah. Taksonomi Bloom. Academia: Accelerating the world's research.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : Rineka Cipta, 2002), h. 83
Syafi’i Karim, Fiqih Ushul Fiqih untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997), 30
Syafrudin Nurdin dan Basyiruddin Usman, Guru Professional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002), h. 117
Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79-93.
Ujang Sukandi, Belajar Aktif dan Terpadu, (Surabaya : Duta Graha Pustaka, 2004), h. 8-9
WS. Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta : Gresindo, 2000), h. 168
Zaenal Arifin, Evaluasi Intruksional Prinsip Teknik Prosedur, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1991), h.3
Copyright (c) 2020 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.