RESPON MAHASISWA PGSD SETELAH MENERAPKAN SELF ASSESMENT PADA PENGUASAAN MATERI PEMECAHAN MASALAH DALAM MATEMATIKA

  • Saeful Mizan Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: pemecahan masalah, self assement

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan respon mahasiswa setelah melaksanakan evaluasi berbasis self assement pada materi pemecahan masalah. Jenis Penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif . Teknik yang diperoleh dalam pengambilan data dilakukan secara acak dari populasi 150 mahasiswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 mahasiswa  kemudian memberikan kuisioner kepada mahasiswa tersebut. Penggunaan self assement pada materi pemecahan masalah menunjukkan respon yang tinggi atau dapat dikatakan memperoleh respon yang positif . Hal ini dibuktikan pada pernyataan pertama memperoleh 87%, selanjutnya pernyataan kedua memperoleh 77%, pernyataan ketiga memperoleh 88%, dan pernyataan keempat memperoleh 94%. Jadi evaluasi sefl assement membantu mahasiswa dalam mengetahui kemampuan dan kendala yang dihadapi selama pemebelajaran serta membuat senang dalam melakukan evaluasi secara mandiri..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudoyo, Herman . (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.
Kunandar. 2013. Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Masnur Muslich. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Mehta, A. & Xavier, R. 2018. Building self-evaluation skills through criterion-referenced assessment in public relation. Prism Online PR Journal.
Singh, G.,O’donoghue, J., & Worton, H. 2005. A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Zhafira, Nabila Hilmi, Yenny Ertika, dan Chairiyaton. 2020. Presepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen.
Published
2021-09-03