KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA PGSD UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH IPA

  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Prodi Pend. Biologi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Anggun Winata Prodi Pend. Biologi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Prodi Pend. Biologi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: kemampuan literasi, permasalahan IPA

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi mahasiswa PGSD berdasarkan hasil tes. Subjek penelitian adalah 103 mahasiswa PGSD Unirow Tuban angkatan 2017, 2018 dan 2019 yang dipilih secara random. Penelitian dilakukan pada bulan April 2021. Subjek penelitian akan menjadi calon guru SD yang nantinya mempersiapkan peserta didik SD menghadapi AKM numerasi dan literasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen penelitian berupa soal kemampuan literasi. Tes terdiri dari 15 soal yang dikerjakan pada Google Form. Soal pada tes memiliki skor 1, 2 atau 3 disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal dan skor maksimal 30. Tes kemampuan literasi berorientasi pada soal-soal IPA. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kemampuan literasi mahasiswa PGSD Unirow Tuban berada pada tingkat dasar. Hal tersebut ditunjukkan oleh tingginya persentase subjek penelitian pada indikator mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit pada teks serta membuat interpretasi sederhana dengan benar, yaitu 87,34%. Pada tingkat cakap dengan indikator membuat interpretasi dari informasi implisit yang ada dalam teks, persentase mahasiswa yang menjawab benar adalah 62,34%. Indikator ketiga yaitu mengintegrasikan beberapa informasi lintas teks, memperoleh persentase jawaban benar sebesar 27,54%. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat dan model pembelajaran sehingga kemampuan literasi mahasiswa PGSD mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T. and Yunansah, H. (2021) Pembelajaran Literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2019) ‘Prosedur penelitian’.

Jayusman, I. and Shavab, O. A. K. (2020) ‘AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH’, Jurnal Artefak, 7(1), pp. 13–20.

LIANINGSIH, F. (2020) LIBAS AKM untuk SMP/MTs 2021: Latihan Soal dan Prediksi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum. Penerbit Andi.

Novita, N., Mellyzar, M. and Herizal, H. (2021) ‘Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

OECD., K. (2018) OECD Science, Technology and Innovation Outlook 2018. OECD Publishing Paris.

Saadati, B. A. and Sadli, M. (2019) ‘Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6 (2), 151–164’.
Published
2021-09-16