GAMBARAN STRES AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA

  • Rusnawati Ellis Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura
Keywords: Stres, Akademik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Pattimura. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskritif. Populasi sebayak 400 mahasiswa, sedangkan sampel menggunakan rumus slovin dengan Margin of error yang ditetapkan adalah 5% atau 0,05 dan diambil secara acak sebanyak 200 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa  gambaran umum tingkat stres akademik mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura berada pada dalam kategori sedang, yaitu sebanyak 140 mahasiswa (70%). Hal ini menunjukan mahasiswa cukup stres dalam mengerjakan tugas – tugas akademik selama perkuliahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Arikunto Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian (VI cetakan). PT Rineka Cipta.
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99.
Desmita. (2017). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (7th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Kemendikbud RI. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/index.php/files/download/c5d9f0ec9ff40c6
Misra, R., & Castllo, L. G. (2004). Academic Stress Among College Students: Comparison of American and International Students. International Journal of Stress Management, 11 (2), 132–148. https://doi.org/10.1037/1072-5245.11.2.132
Nizam. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/optimalisasi-pembelajaran-daring-dalam-merdeka-belajar/
Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. (2020). Belajar Online di Tengah Corona, Ada Siswa Mengeluh Tensi Darah Naik. Https://Www.Suara.Com. https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswa-mengeluh-tensi-darah-naik?page=all
Rasmun. (2004). Stress, Koping dan Adaptasi Teori dan Pohon Masalah Keperawatan. Jurnal Indigenous, 1(2), 29–39.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology biopsychological interaction (Seventh ed). John Wiley & Sons, Inc. https://nibmehub.com/opac-service/pdf/read/Health Psychology Biopsychosocial Interactions- Sarafino- E.P. 7ed.pdf
Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2020). Gambaran Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan KTI Ditengah Wabah Covid 19 dan Sistem Lockdown yang Diberlakukan di Kampus Akper YPIB Majalengka. Jurnal Akper YPIB Majalengka, 6(12), 1–14. https://ejournal.akperypib.ac.id/wp-content/uploads/2020/08/MEDISINA-Jurnal-Keperawatan-dan-Kesehatan-AKPER-YPIB-MajalengkaVolume-VI-Nomor-12-Juli-2020.pdf
Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Zamroni. (2015). Prevalensi stres akademikmahasiswa. Psikoislamika. Jurnal Psikologi Islam, 12, 51–57.
Published
2021-11-20