PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI WAEL SERAM BAGIAN BARAT

  • Yadi Risaldi Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Samuel Patra Ritiauw Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
  • Nathalia Yohana Johannes Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: model discovery learning, hasil belajar, IPS SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wael Seram Bagian Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi, hasil analisis di dapat yaitu Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Wael. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus I dengan pretest sebesar 69,39 kemudian postest menjadi 76,11 dan pada siklus II pretest sebesar 77,46 kemudia postest sebesar 87. Jumlah siswa mampu mencapai KKM 70 di siklus I pada pretest sebanyak 14 (50%) siswa dan postest sebanyak 17 (61%) siswa. Sedangkan untuk siklus II pada pretest sebanyak 20 (71%) siswa dan pada postest sebanyak 25 (89%) siswa. Sehingga di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra Eko Purwanto, Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis. Prodi Pendidikan Fisika FMIPAUNNES.Semarang,h.1(Online)TersediaDi:http://Journal,Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Upej. (12 Januari 2018:06:42) Belajar IPS Siswa. Jurnal Pedagogi, 8(5).
Fajar, Arine. 2009. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Mahananingtyas, E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Efikasi Diri Siswa (Studi Pembelajaran IPS siswa kelas VI SDN Bandungrejosari 3 Malang).(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Nasehudin, N. (2016). Pendidikan Sosial & Ekonomi. Jurnal Pendidikan Sosial.
Nofianti, N., Helendra, H., Rahmi, Y. L., & Ristiono, R. (2020). The Effect of Discovery Learning Model on Students’ Learning Competencies At Grade VII In Junior High School 16 Padang. Atrium Pendidikan Biologi, 5(2), 9-16.
Patta, R. & Novianti, R. D,. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD inpres 6/75 Ta” Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Ilmia Ilmu Kependidikan , 1(1). 44.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbais Komputer. Bandung: ALFABETA.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162-178.
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-11-20