KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

  • Nessy Pattimukay Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura
Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Pemecahan masalah adalah cara atau metode untuk mengembangkan pemikiran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif eksploratif. Penelitian ini dilaksakan di Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar secara Daring dengan menggunakan Aplikasi Edlink dan Google Meet. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru sekolah dasar Universitas Patimura yang  menawarkan mata kuliah matematika. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa banyak mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika belum memahami tentang cara memecahkan masalah matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil kerja mahasiswa dimana mahasiswa tidak mengidentifikasikan informasi yang ada dalam soal pemecalahan masalah matematika. Mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar juga tidak membuat rencana penyelesaian masalah tetapi cendrung untuk membuat penyelesaian masalah. Setelah membuat penyelesaian masalah, mahasiswa tidak memeriksa kembali atau melakukan pengujian terhadap hasil kerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Briner, M. (1999). What is constructivism? University of Colorado at Denver School of Education. Retrieved from https://curriculum.calstatela.edu/faculty/psparks/theorists/501const.htm
Davidson, Neil. "Small-Group Cooperative Learning in Mathematics." In Teaching and Learning Mathemat ics in the 1990s, 1990 Yearbook of the National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), edited by Thomas J. Cooney and Christian R. Hirsh, 52-61. Reston, Va.: NCTM, 1990a.
Frei Shelly. (2008). Teaching Mathematics Today. California: Shell Education
Güneri Yöyen, E., Azaklı, A., Üney, R., & Demirci, O. (2017). Ergenlerin Kişilik Özelliklerinin Problem Çözme Becerisi Üzerine Etkisi (in Turkish). Doğu Anadolu Sosyal Bilimlerde Eğilimler Dergisi, 1(1), 75-93. Retrieved from http://dergipark.gov.tr/dased/issue/28623/283326
Harmin, M, dan Toth, M. (2006). Inspiring Active Learning. USA: ASCD
LocfFrnnk, M.. Kazcmi, E" & Balley. D, (2007). Mathcmatics lcaching: and classroom praClice. In FX. Leslcr, Jr., (Ed, j, Second lfaJU!/wak aflI.eseurch on Mathematics Tcachillg ali
Leikin, R and Zaslavsky, O. (2013). Cooperative Learning Mathematics. Source: The Mathematics Teacher, Vol. 92, No. 3 (MARCH 1999), pp. 240-246Published by: National Council of Teachers of Mathematics
Newman, Richard S., and Laura Goldin. "Children's Reluctance to Seek Help with Schoolwork." Journal of Educational Psychology 82 (March 1990): 92-100.
Primasatya, N. (2016). Analisis kemampuan berpikir matematis calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika [Analysis of mathematical thinking ability of prospective primary school teachers in solving mathematical problems]. JME: Journal of Mathematics Education/JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 50–57. http://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.206
Sutton, Gail oberholtzer. "Cooperative Learning Works in Mathematics." Mathematics Teacher 85 (January 1992): 63-66.
Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. INTERNATIONAL ELECTRONIC JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION e-ISSN: 1306-3030. 2019, Vol. 14, No. 2, 293-302 https://doi.org/10.29333/iejme/5715.
Vygotsky, L.S. (1962). Thought and Language. Cambridge, MA: MIT Press.
Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wertsch, J.V. (1985). Cultural, Communication, and Cognition: Vygotskian Perspectives. Cambridge University Press.
Published
2021-11-25