DAMPAK APLIKASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

  • Zuhria Nurul' Ainy Prodi Pend. Ekonomi Universitas Pattimura
Keywords: aplikasi pendidikan, Pendidikan karakter, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan karakter mahasiswa program studi Pendidikan ekonomi. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif eksploratif. Penelitian ini dilaksakan di Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Ekonomi secara Daring dengan menggunakan Aplikasi Edlink dan Google Meet. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Patimura. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa banyak mahasiswa pendidikan ekonomi sudah memiliki karakter yang diharapkan oleh peneliti. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil dari wawancara dan observasi serta hasil karya mahasiswa. Mahasiswa pendidikan ekonomi mencerminkan sikap, perilaku yang diperlihatkan pada saat dosen memberikan tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argadinata, H., & Gunawan, I. (2019). The Leadership of Pancasila in Education: Foundation for Strengthening Student Characters in the Industrial Revolution Era 4.0. Proceedings of the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.
Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.
Boyles, N. (2018). Learning Character from Characters. Educational Leadership, 76(2), 70-74.
Cheng, M. (2019). 8 Characteristics of Millennials That Support Sustainable Development Goals (SDGs), (Online), (https://www.forbes.com/sites/margueritacheng/2019/06/19/8-characteristics-of millennials-that-support-sustainable-development-goals-sdgs/#248956c429b7), diakses 31 Desember 2019.
Dewantara, K. H. (2011). Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Taman Siswa.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2011). Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gunawan, I. (2011). Metode Kooperatif Model Think Pair Share, (Online), (http://masimamgun.blogspot.com/2010/06/metode-kooperatif-model-think-pair.html), diakses 3 Desember 2021.
_______, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 126-150.
_______, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 37-47.
_______, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2016). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIS Lowokwaru Kota Malang. Laporan pengabdian kepada masyarakat tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.169
Indarti, Prayitno, W, Tarmoko, A.H. 2015. Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran (Dasar). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irfan, M. (2016). Role of Learning Mathematics in the Character Building. Proceedings of the International Conference on Education, Education in the 21th Century: Responding to Current Issues,Graduate School, Universitas Negeri Malang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional, (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional), diakses 31 Desember 2019.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendiknas.
Liu, J., Zhu, Y., Serapio, M. G., & Cavusgil, S. T. (2019). The New Generation of Millennial Entrepreneurs: A Review and Call for Research. International Business Review, 28(5), 1-10.
Mahananingtyas, E., Ritiauw, S. P., & Siahaya, A. M. (2020). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V SD Inpres 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 24-37.
McLean, L., Sparapani, N., Connor, C. M., & Day, S. (2020). Students’ Problem Behaviors and Teachers’ Warmth and Demand as Predictors of Students’ Classroom Instructional Experiences in First Grade.
Nurabadi, A., Gunawan, I., & Sari, Y. L. (2019). The Application of Informal Supervision to Improve the Quality of Learning in Laboratory Schools. Proceeding the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.
Putri, A. A. F., Putri, A. F., Andriningrum, H., Rofiah, S. K., & Gunawan, I. (2019). Teacher Function in Class: A Literature Review. Proceeding the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), Atlantis Press.
Samsiyah, N., Kartikasari, A., Gunawan, I., & Emilia, C. (2016). Konstruksi Tes Kebahasaan UAS SD di Kab. Madiun. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI MADIUN, 2(1), 38-46.
Published
2021-10-22