IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 48 INPRES AMBON

  • Samuel Patra Ritiauw Universitas Pattimura
Keywords: Model Problem Based Learning, Kecerdasan Sosial, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu langkah tepat dalam meningkatkan kecerdasan social dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Untuk dapat mengembangkan penelitian ini, maka perangkat pembelajaran PBL, soal tes dan indicator kecerdasan social haruslah dapat dirumuskan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Mixmethod. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan dengan baik bagi siswa kelas IV SD Inpres 48 Ambon, serta dapat meningkatkan kecerdasan social dan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto , 2008,2010. Prosedur penelitian Pendekatan Praktek. PT Rineka,Cipta: Jakarta Arends.1997. Classroom Instructional Managemen. New York The Mc Graw-Hill Company
A. Machin. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, v. 3 n.(1). Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, v.14.n.(1), 918. Azzet, Muhaimin. 2014. Mengembangkan kecerdasan Sosial bagi Anak.Jogjakarta:katahati. Dimyati dan Mujiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. jakarta: PT Rineka Cipta. Djahiri. 2006. pengajaran studi sosial/ IPS (Dasar-dasar pengertian Metedologi, Model Belajar Mengajar IPS). LLPIPS FKIPS IKIP: Bandung Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Cetakan keenam Gardner, H. 2000. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intellegences Terjemahan).Jakarta: Gramedia. Goleman, Daniel. 2007. Sosial Intellegence (Edisi Indonesia). Jakarta: Gramedia. Gunawan. Rudy. 2011. Tujuan Pembelajaran IPS di S, Jurnal Edisi Khusus No. 4 Juli 2011 Hage, R.R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score.(Online), http://www.physics.indiana.edu/sdi.AnalizingChange-Gain.pdf,diakses 10 Desember 2015. Hasan dalam Arnie 2002, pengajaran studi sosial/ IPS (Dasar-dasar pengertian Belajar Mengajar IPS). Hmelo-Silver, C. E. 2004. Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review,16, 3, 235-265. http://dx.doi.org/10.1023/ B:EDPR.0000034022. 16470. f3 Karlina, E. 2017. Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan engan Menggunakan Kurikulum 2013. Research and Development Journal of Education, vol. 1. n.(1). Komarudin.2010, Langkah-langkah praktik belajar pengetahuan sosial Pembelajaran Portofolio Margetson .1994. kurikulum PBL, meningkatkan perkembangan keterampilan belajar IPS: Jakarta Kencana Perdana Group. Munandar, Utami. 1992, Peningkatan Kereatifitas Anak. Jakarta: Gramedia.
Nur, M., Ibrahim (2002). Psikologi Pendidikan: Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya. PSMS Program Pascasarjan Unesa Pratiwi, Ni Wyn. Wida Gian. 2013. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan”. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, V. 1. 2 .1-9 Riduwan. 2012, Belajar Mudah Penelitian (Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Penemuan). Alfabeta: Bandung
Sagala Syaiful, 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung Sangaji, 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Penelitian). Andi Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Ode, T. (2021a). MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS V MI SALMAN AL-FARISI. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 2(34), 1–14. Salamor, L., & Ritiauw, S. P. (2021). Analisis Keberadaan Hidden Curriculum dalam Pengembangan Delapan Belas Karakter Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 34–43. Slameto. 2003 . Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2022-01-23