IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING PADA MATAKULIAH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PGSD
Abstract
Perubahan sistem perkuliahan dari tatap muka menjadi daring akibat pandemi covid-19 memberikan dampak langsung pada mahasiswa dan dosen. Kendala mendasar yang dialami selama pembelajaran daring yaitu sinyal tidak stabil, kuota internet, perangkat pembelajaran daring, beban tugas serta sulitnya fokus pada perkuliahan daring utamanya pada matakuliah praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi hybrid learning pada matakuliah keterampilan dasar mengajar pada mahasiswa PGSD. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskripstif dengan sampel penelitian 53 mahasiswa PGSD STKIP PGRI Trenggalek. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi kemudian dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan hybrid learning mampu memobilisasi pembelajaran daring pada matakuliah praktik, sehingga meminimalisir kesulitan selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Hybrid learning diterapkan lebih fokus pada level aktivitas/topik. Penggabungan pembelajaran luring (face to face) dengan daring menggunakan video conference pada matakuliah keterampilan dasar mengajar memudahkan dalam pencapaian kompetensi praktik, diskusi, pemberian umpan balik, dan fokus pembelajaran. Hybrid learning lebih menekankan pada pengalaman belajar mahasiswa. Penerapan hybrid learning perlu mempertimbangkan penguasaan teknologi serta sarana dan prasarana untuk mendukung pertemuan daring dan luring yang dilakukan secara bersamaan.
Downloads
References
Ellis, R. (2021). GAMBARAN STRES AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 9(2), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue2year2021
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. PT Bumi Aksara.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364
Karnawati, R. A., & Istianingrum, A. (2021). The Effectiveness of Blended Learning Using the Flipped Classroom and Hybrid Learning Models in the Chuukuuu Bunpou. 518(ICoSIHESS 2020), 370–375. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.147
Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Lestari, Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid learning on problem-solving abiities in physics learning: A literature review. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012021
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Agama, M., Kesehatan, M., & Negeri, M. dalam. (2021). SKB 4 Menteri RI Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 ,Nomor 440-717 Tahun 2021. 1–42. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB 4 MENTERI PANDUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA.pdf
Noor, J. (2011). Metode Penelitian: Sekripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana.
Purmadi, A., & Hadi, M. S. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi …, 3(2), 135–140. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467
Raes, A., Detienne, L., Windey, I., & Depaepe, F. (2020). A systematic literature review on synchronous hybrid learning: gaps identified. Learning Environments Research, 23(3), 269–290. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09303-z
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(2), 100–115. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5340
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.