SURVEI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI JITSI MEET PADA SISWA SD NEGERI 4 AMBON
Abstract
Abstrak, Tujuan penelitian ini yaitu yang pertama untuk mengetahui minat belajar peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Jitsi Meet, kedua untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi peserta didik pada saat menggunakan aplikasi Jitsi Meet, dan ketiga untuk mengetahui solusi terhadap kendala yang dihadapi peserta didik pada saat menggunakan aplikasi Jitsi Meetpada siswa SD Negeri 4 Ambon. Penelitian ini terdiri dari operasional variabel, penentuan jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, metode penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini yaitu studi pustaka, observasi, dukumentasi dan angket. Subjek penelitian ini di ambil dari jumlah sampel yang dianggap sudah mewakili populasi yang ada sebanyak 138 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa terhadap penggunaan aplikasi Jitsi Meet mengalami peningkatan. Pada hasil analisis deskriptif minat belajar memiliki nilai tertinggi berada pada rentang 37-42 dengan persentase 46% yaitu sebanyak 63 peserta didik, penggunaan aplikasi Jitsi Meet tertinggi dengan persentase sebesar sebesar 40% yaitu sebanyak 55 dari 138 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka di simpulkan bahwa penggunaan aplikasi Jitsi Meet cukup bagus atau menarik untuk peserta didik sehingga minat belajar peserta didik juga meningkat.
Kata kunci : Aplikasi Jitsi Meet , Minat belajar
Downloads
References
Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Alamsyah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Per
Asfar,dkk.2020.Cara Menggunakan Online Meeting Pada Aplikasi Jitsi Meet.Ujung Pandang
Bahrudin. 2016. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Bilfaqih, Yusuf. 2012. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish
_______, Yusuf. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Efendi, Sofian dan Tukiran. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta. LP3ES
Embass.
Hardwinoto dan Setiabudhi. 2006. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta:Gramedia.
Hapsari, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.
Hikmat et al., “Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online,” Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung (2020)
Ricardo, R., & Meilani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manejemen Perkantoran, 2(2) 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108.
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Risaldi, Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Johannes, N. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Wael Seram Bagian Barat. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 9(2), 77-86.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi, Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Salsabila,U. dkk.2020. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan,17(2),188-198
Sandra,H.2020.Integrasi PHP Native Dengan Sistem Jitsi Converence Server Menggunakan API
Sardiman.2000. Interaksi dan Minat Belajar Mengajar, Jakarta: CV. Rajawali
Setyawarno.2016.Panduan Stastitik Terapan Untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta.Jurnal FKI
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2000. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Sukmadinata.2005. Metode Penelitian Kualitatif. http:// id.m.Wikipedia. org.
Surya, Hendra. 2007. Percaya diri Itu Penting.Jakarta: Elex Media Komputindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tirtarahardja, Umar dan S.L.La Sulo.2005.Pengantar Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdika
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.