MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEILALE KECAMATAN NUSANIWE AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran discovery learningpada siswa kelas V SDN Seilale Kecamatan Nusaniwe Ambon.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang.Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan pada setiap siklus.Tingkat ketuntasan hasil belajar ringkasan hasil belajar siswa terlihat bahwa keterampilan berbicaramelalui model pembelajaran discovery learning pada materi berdialog mengalami peningkatan di setiap siklusmenggunakan rumus N-Gain. Pada siklus I siswa yang tuntas 55% dan terdapat 9 siswa yang tidak tuntas, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85% dan terdapat 3 siswa yang tidak tuntas dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning secara maksimal.Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Seilale Kecamatan Nusaniwe Ambon siswa mampu berdialog di depan kelas dengan aspek-aspek yang diterapkan ketepatan ucapan, pilihan kata, intonasi, ketepatan sasaran pembicaraan.
Downloads
References
Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi.(1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti
Arifin, Zainal. (2009). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta. CV. Akademika Pressindo.
Djago Tarigan. (1997). Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah.Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler.Jogjakarta: DIVA Press
Djamarah, S. B. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90-98.
Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. (2017).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.
Muammar.(2008). Pembelajaran Berbicara yang Terabaikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.Jurnal Bahasa & Sastra dalam Berbagai Perspektif (Nomor 27 Tahun 2008) Hlm. 315-322.
Mubarok, C., & Sulistyo, E. 2014.Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 215 – 221.
Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (5), 946-954.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
PT. Remaja Rosdakarya.
Santoso, Puji, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suprihatiningrum, Jamil (2013). Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Tarigan.(2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Tristiantari, N. K. D., Marhaeni, A. A. I. N., & Koyan, I. W. (2013). PengaruhImplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Terhadap Kemampuan Berbicara Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3 (1).
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.