MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SECARA DARING PADA SISWA SMA NEGERI 30 KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Meike Souisa Universitas Pattimura
Keywords: Motivasi, Belajar, Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi covid-19 yang telah berlangsung satu tahun membawa era baru dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan, era baru dalam bidang pendidikan salah satunya dengan adanya pengalihan pembelajaran konvensional secara tatap muka langsung di kelas menjadi pembelajaran daring yang dilakukan melalui jaringan internet. Pembelajaran daring memudahkan guru dan peserta didik dalam berinteraksi jarak jauh namun disaat bersamaan hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru maupun peserta didik. Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan ide dan gagasan serta aspirasi yang disebabkan oleh ketidakstabilan jaringan internet maupun factor lainnya sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Daring Pada Siswa SMA N 30 Banda, Maluku Tengah. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan angket sebagai pengumpulan data. Hasil Penelitian menunjukkan,  motivasi belajar siswa jika dilihat dari masing-masing variabel indikator mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani secara daring pada indikator ketekunan lebih mengarah pada kategori tinggi yaitu sebesar 55,00% atau sebanyak 22 siswa, indikator perhatian lebih mengarah pada kategori sedang yaitu sebesar 57,50% atau sebanyak 23 siswa, indikator unggul lebih mengarah pada kategori tinggi yaitu sebesar 50,00% atau sebanyak 20 siswa, indikator mandiri lebih mengarah pada kategori sedang yaitu sebesar 50,00% atau sebanyak 20 siswa. Hal ini menunjukan bahwa siswa SMA Negeri 30 Banda Maluku Tengah memiliki motivasi belajar yang kurang baik terhadap pembelajaran pendidikan jasmani secara daring, karena sebagian besar motivasi belajar siswa masuk pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-29