PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TRENGGALEK UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • Dina Nur Romadhona STKIP PGRI Trenggalek
  • Nanda William STKIP PGRI Trenggalek
  • Intan Susetyo Kusumo Wardhani STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: Big Book, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek di latar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa terkait kearifan lokal dan kurangnya pemanfaatan bahan ajar dalam proses belajar mengajar, sehingga kurang menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan penerapan big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek untuk siswa kelas IV di sekolah dasar. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah (R&D) Research and Development. pengembangan ini menggunakan model ADDIE, untuk sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Karangsoko yang berjumlah 19 siswa, SDN 2 Karangsoko yang berjumlah 21 siswa, dan SDN 3 Karangsoko dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan paired sample t-test dengan bantuan Software SPPS 25.0. Hasil pretest dan posttest bahwa nilai pengetahuan kearifan lokal yaitu sebelumnya 70,51 dan meningkat menjadi 85,75. Berdasarkan hasil yang diperoleh terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan big book berbasis kearifan lokal dengan nilai signifikansi 0.00 (<0,05). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek untuk siswa kelas IV di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (Online), 3 (3): 963-969.

Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, (Online), 10 (1): 65-72.

Dwiyanti, Aris Naeni. 2017. Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pancar, (Online), 1 (1): 1-4.

Hilaliyah, T., & Wahid, F. 2020. “Pengembangan Media Big book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal”. Jurnal UNTIRTA.

Henri., Hakim L., & Batoro Jati. 2018. Kearifan Lokal Masyarakat sebagai Upaya Konservasi Hutan Pelawan di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Lingkungan. (Online) 16 (1) : 49 – 57

Lusiana, Novita. (2020). Pengembangan Media Big book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Online)

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.(Online)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Synta, Darmata Aqila. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Big book pada Siswa Kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online)

Ulfa, Mutia. (2018). Penggunaan Media Big book Terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas I MIN 8 Aceh Besar. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. (Online)

Published
2022-10-12