KORELASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK PADA KELAS XI DAN XII IPA SMA YPPKK MORIA KOTA SORONG

  • Vantri Pieter Kelelufna Prodi Bahasa Inggris, Universitas Victory Sorong
  • Agustinus Lia Masan Prodi Bahasa Inggris, Universitas Victory Sorong
  • Krisye Natalia Sedubun Prodi Pend Bahasa Inggris Universitas Victory Sorong
Keywords: Kecerdasan verbal linguistik, Prestasi belajar

Abstract

Penelitian  ini  membahas  tentang  pengaruh  kecerdasan linguistik verbal  terhadap prestasi  belajar  peserta  didik. Kecerdasan linguistik verbal merupakan salah satu jenis kecerdasan yang di akui oleh para ahli dalam dunia pendidikan, karena kecerdasan linguistik verbal berkaitan langsung dengan pemahaman peserta didik dalam menggunakan dan memanfaatkan bahasa. Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk  mengetahui  tentang hubungan kecerdasan linguistik verbal terhadap  prestasi  belajar  bahasa  Inggris  peserta  didik  kelas  XI dan XII IPA SMA YPPKK MORIA Kota Sorong. Jenis  penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif,  dengan  pendekatan  penelitian  asosiatif atau  hubungan.  Sampel  dalam  penelitian  ini adalah   seluruh peserta   didik   kelas  XI dan XII IPA SMA YPPKK MORIA Kota Sorong.  Instrumen   yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  kuesioner   dan   analisis  dokumen.  Teknik  analisis  data  yang  di  gunakan  berupa analisis statistik, proses pengolahan data yang dalam penelitian ini, menggunakan bantuan software SPSS versi 21 guna mempermudah dan mendapat hasil yang akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, Thomas. (2013). Multiple Intelligence di Kelas. Jakarta: PT. indeks .

Usus, Richard A. (2004). Tujuh Langkah Kecerdasan Spiritual. London, Boston: Penerbitan Nicholas Brealey .

Bungin , Burhan HM 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

BPKRI. Sistem Pendidikan Nasional, (Online), ( https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 , diakses 17 April 2022; 17.00)

Chomaidi , F, & Salamah . (2018). Pendidikan dan Pengajaran, Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Gardner, Howard. (2013) . Kecerdasan Ganda . Jakarta: Interaksa.

Grelet Francois. (1981). Mengembangkan Keterampilan Membaca . New York: Sindikat Pers Universitas Cambridge.

Gusniwati , Mira. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa di SMAN Kecamatan Kebun Jeruk . Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA , 30.

Juniardi , Yudi , Herlina , Lina , Lubis , Arif Husein , Irmawanty , & Pahamzah , John. (2020). Pembelajaran Berbantuan Komputer vs Seluler untuk Mempromosikan Keterampilan Berbicara Siswa EFL: Penelitian Berbasis Kelas Pendahuluan . Jurnal Instruksi Internasional, 13(3), 417-432.

Kusemawati , Nila , Retta , Alen Marga , & Sari, Novita . 2018. Pengantar Penelitian Statistika. Depok : PT. RajaGrafindo Persada.

Maesaroh , Siti . (2013) . Peran Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan IAIN Purwokwerto , 1(1), 150-168.


Mujiono , Nakhrowi , & Fatimah, Siti . 2019. Pengaruh Kecerdasan Verbal-Linguistik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik Bahasa Indonesia EFL. Jurnal Internasional Penelitian Pembelajaran , Pengajaran dan Pendidikan, 18(12), 350-365.

Mulyono . 2019. Analisis Regresi Sederhana , (Online), (https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analysis-regresi-simple , diakses 21 Mei 2022: 1 siang)

Rajagukguk , Holmes & Sirait , Jumaria . (2019). Mendengarkan Kritis . Jurnal Internasional Sastra Inggris dan Ilmu Sosial dan Penulis, 4.

Seta Basri . 2012. Uji Korelasi Pearson , (Online), ( https://www.setabasri.com/2011/04/uji-korlasi-pearson , diakses 21 Mei 2022; 2 siang)

Sujarweni , V.Wiratna . (2015). Metodologi Penelitian : Bisnis & Ekonomi . Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.
Sukadarrumidi . (2006). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Pers Universitas Mada .

Tiffany. 2017. LINGUISTIC INTELLIGENCE – UNDERSTANDING – CHARACTERISTICS, (Online), ( https://dosenpsikologi.com/ intelligence – linguistik , diakses 9 Mei 2022; 9 malam)

Travers, Jhon P. (1970). Dasar -dasar Psikologi Pendidikan . Scrantom , Pensylvania : Perusahaan Buku Teks Internasional.

Universitas Waterloo. 2017. Center for Teaching Excellence – Resources – Teaching tips – Blended learning, (Online), (https://uwaterloo.ca/center-for-teaching-excellence/ teaching-resources/teaching-tips/planning –course-and- assigments /blooms-taxonomy, diakses 14 Juni 2022; 8 malam)

Wahyudin . 2009. 5 DEFINISI PENDIDIKAN MENURUT AHLI, (Online), ( https://www.journalextract.com/2020/09/5-pengertian- Pendidikan-menurut-ahli.html . diakses 18 April 2022; 1 siang)

Yusuf, A Muri . (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan . Jakarta: Kencana .
Published
2021-04-15