HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN KOMPENSASI DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU DI MAN 1 KOTA BEKASI

  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45
  • Sheila Syakilah Universitas Islam 45
Keywords: Kompensasi, Kinerja Mengajar Guru, Korelasi Positif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian kompensasi dengan kinerja mengajar guru, seberapa besar kontribusi pemberian kompensasi terhadap kinerja mengajar guru, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebar secara online melalui google formulir. Dan untuk analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 25. Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan sebagai berikut:Uji normalitas dari hasil uji statistik bahwa ditunjukkan nilai 0,166 > 0,05 (data berdistribusi normal). Selanjutnya nilai homogenitas dilihat dari nilai signifikansi 0,219 > 0,05 yang artinya data homogen. Adapun nilai korelasi rxy = 0,731 dengan nilai thitung 6,778 > ttabel (1,684). Sementara nilai koefisien determinasi atau besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 53,5% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa pemberian kompensasi memberikan kontribusi sebesar 53,5% terhadap kinerja mengajar guru di MAN 1 Kota Bekasi. Simpulan dari penelitian ini bahwa  berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson Correlations hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian kompensasi dengan kinerja mengajar guru di MAN 1 Kota Bekasi. Hal ini berarti hipotesis yang peneliti ajukan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah,Siti.(2019). Kompensasi dan Komitmen Guru. Pontianak : Penerbit PGRI Provinsi Kalbar.

Ali Aqsa,Muhammad.(2018). “Analisis Hubungan Kompensasi dengan Kinerja Karyawan PT. Bima Sakti Pertiwi Pekanbaru”, dalam Jurnal Daya Saing, Volume. 4, No. 2 .

Arifin,Zainal. (2015)..Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ariskha, Aprilia, Muhammad Yamin Siregar dan Isnaniah Laila. (2020). “Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT. Jaya Beton Indonesia Cabang Medan”, dalam Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Volume. 1, No. 1, dari http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jimbi.

Astuti, Widia dan Lasmiatun. (2021). “Pengaruh Motivasi Kerja dan Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah Parung”, dalamJurnal ARASTIRMA,Volume. 1.

Azwar,Budi.(2017). “Kajian Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”, dalam Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Masyarakat Islam, Volume. 12, No. 1.

Azwar, Khairul, Yusrizal dan Murniati AR. (2015), “Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMPN 2 Banda Aceh”, dalam Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume. 3, No. 2 dari Borang,Deitje S. “Upaya Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru SMK di Era Sertifikasi, Seminar Internasional, ISSN 1907-2066 (Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/viewFile/60/54.

Handayani, Trisni. 1 (2015). “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”, dalam Jurnal Utilitas, Volume. 1.

Hasibuan, Sri Hariati dan Munasib, Adi. (2020). “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”, dalam Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Volume. 3, No. 2.

Herman,Sofyandi. (2008).Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu,. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2568

Irham & Basith Yudril. (2018). “Revitalitasi Makna Guru dari Ajaran Tasawufdalam Kerangka Pembentukan Karakter”, dalam Jurnal Ulul Albab,Volume. 19,No. 1.

Kartowagiran,Badrun.. (2013). “Kinerja Guru Profesional”. dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume. No. 3.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Tunjangan Tenaga Kependidikan Presiden Republik indonesia, Pdf

Made,Wirartha. (2006).Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta : Andi offset.

Mariatie, Novtri, Siti Hasanah, Syarifuddin, Erlin Fanggidae dan Raden Wardani.(2021). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru dengan Mediasi Motivasi Kerja”, dalam Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, Volume. 1, No. 2.

Marista, Mariam dan Imaniyaiti, Nani. “Kompensasi dan Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Guru”, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume. 2, No. 1 (Januari 2017), dari http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Marselus, Payong. (2011).Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta : PT Indeks Permata Putri Media.

Maswan, dan Muslimin, Khoirul. (2017).Teknologi Pendidikan : Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mulyasa,E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi,Hadari. (1996). Administrasi Pendidikan. Jakarta : PT Gunung Agung.

Notty, Noviana. (2021). “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru dan Staff Sekolah Advent DKI Jakarta”, dalam Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bsinis, Volume. 4, No. 1.

Nuraini dan Tanu, Yusuf Budiana. (2020). “Pengaruh Tingkat Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan LAB Business School Kota Tanggerang”, dalam Jurnal Pendidikan Bisnis dan Sosial, Volume. 1, No. 1.

Nurfuadi. (2012).Profesionalisme Guru. Purwokerto : STAIN Press.

Oktiyani, Rina dan Nainggolan, Kaman. “Analisis Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Klaten” dalam Jurnal Ecomedica,Volume. 4, No. 2 (2016), dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejournal/index.php/ecomedica

Pitri,Alisyah..(2017).“Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Batusangkar”, dalam Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Suvervisi Pendidikan, Volume. 2, No. 1 .

Rahmawati,Eti. (2019). “Pengaruh Pembinaan Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Non PNS Pada SMP Swasta di Sektor 1 Kabupaten Indramayu”, dalam Edum Jurnal,Volume. 2, No. 1.

Resawati, Retno dan Larashati,Irena.(2016).“Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”, dalam Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship, Volume. 10, No. 2.

Riduwan. (2013). Pengantar Statistik Dalam Penelitian. Jakarta : Change Publication.

Ridwan dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistik. Bandung : Alfabeta.

Rina, Abu Talkah & Ahsin Daroini. (2020). “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK PGRI 1 Nganjuk”, dalam Jurnal Otonomi, Volume. 20, No. 1.

Rohani, Ni Ketut. (2004). “Pengaruh Pembinaan Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTP Negeri di Kota Surabaya”, dalam Jurnal Pendidikan Dasar,Volume. 5,No. 1.

S, Supardi U. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta : Change Publication.

Sanjaya,Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Prenada Media.

Sarpandadi,Ahmad. (2016). “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”, dalam Jurnal Tarbawi, Volume. 2, No. 2.

Setianingsih, Wiwin dan Kader, Mukhtar Abdul. (2018). “Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru”, dalamJurnal Ilmu Manajemen,Volume. 5, No. 2. dari https://jurnal.unigal.ac.id/index.php.ekonologi.

Siregar, Roklamasi, Mahdum dan Nurpit Junus.(Desember 2019). “The Relation Between Motivation and Compensation Of Teacher Performance Atyunior High School Kecamatan Mandau-Bengkalis”, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume. 7, No. 2 darihttps://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/index.

Siswanto.(2013).Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Surabaya : Pena Salsabila.

Sugiyono.(2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitstif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indinesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 3, pdf.

Undang-undang Tentang Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005 Pasal 35, pdf.

Undang-undang Tentang Tunjangan Khusus Guru dan Dosen NO. 41 Tahun 2009 Pasal 1 Ayat 1, pdf

Uno, Hamzah B. 2007.Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman,Moh Uzer. (2006).Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Warmi, Ayu. (2020). “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Rambah Kabupaten Rokan Hulu”, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan , Volume. 2, No. 2.

Widayati, Kus Daru. (2019). “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Jatiwaringin X Bekasi”, dalam Jurnal Sekretaris dan Manajemen,Volume. 3, No. 1.

Widyani. (2015). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Meida.

Wina,Sanjaya. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Wursanto.(2010).Manajemen Personalian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Yusuf, Mochamad dan Anwar, M. Ansor. (Desember 2017). “Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang”, dalam Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Volume. 3, No. 1.

Zilawati, Andri Astuti dan Daris. (2021). “Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Batanghari”, dalam Jurnal Pendidikan Dosen dan Guru, Volume. 1, No. 2.

Published
2022-10-05