PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMATIK TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI SIMALUNGUN

  • Riki Saputra Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Sihombing Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Program Studi PGSD, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching, Tematik

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik secara khusus dalam materi tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan penerapan model Quantum Teaching. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa  fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi di lapangan melalui observasi dan analisis menggunakan statistik.

Metode pengumpulan data yang dipakai adalah Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Pre test-Post test Control Group Desain. Penggunaan metode Quasy Eksperimental berdasar pada pertimbangan agar dalam pelaksanaan siswa tidak merasa sedang dieksperimenkan, sehingga suatu penelitian menjadi lebih alami atau natural. Dengan situasi demikian diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap tingkat kevalidan penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching  terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tematik di SD Negeri Simalungun. Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dalam aktivitas belajar dengan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Dimana kelas eksperimen memiliki peningkatan nilai sebesar 73,4132 % dan kelas kontrol memiliki peningkatan nilai sebesar 54,4820%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching erhadap hasil belajar siswa dikatakan cukup efektif, sebaliknya pada kelas kontrol yang tidak melakukan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dinyatakan kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Nggermanto. 2002. Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum) Cara Tepat Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Secara Harmonis. Bandung : Nuansa

Annas, Sudijono. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2012. Pendidikan Karakter Di Sekolah Membangun Karakter Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Christian, dkk. 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 7 Ambon”. Jurnal Universitas Pattimura. Vol 1: hal. 10-15

Daryati. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Peserta Didik VI MIN Kota Baru. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: IAIN Raden Intan

DePorter, B. 2002. Quantum Teaching Memperaktekan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Djamah, B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imron, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya

Iru La. 2002. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Bantul: Multi Presindo.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Gaung Persada

Kelly. 2006. The Curriculum Theory and Practice. London: Sage Production

Mahananingtyas, E. (2016). Metode quantum learning untuk meningkatkan efikasi diri dan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 17-25.

Miftahul. 2010. Quantum Teaching Buku Pintar dan Praktik. Jogjakarta: DIVA Press.

Munir, dkk. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Muhibbin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media Karya Anak Bangsa

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ridha, dkk. 2021. “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol 5: 88-101

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sd/Mi. Jakarta : Litera Prenada Media Group.

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahrul. 2013. Model dan Sintak Pembelajaran Konvensional. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2010. Model pembelajaran terpadu (konsep, strategi dan implementasi dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Ujang Sukandi. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu (Apa, Mengapa dan Bagaimana). Surabaya: Duta Graha Pustaka

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-10-18