PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 091488 BAH SAMPURAN

  • Cristin Veronika Turnip Prodi PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Prodi PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hedty Sitio Prodi PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Ice Breaking, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design yaitu jenis penelitian yang melibatkan satu kelas eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penggumpulan data dengan memberikan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Peneliti membuktikan menggunakan ice breaking dapat membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar dengan baik Hal ini terlihat pada rata-rata hasil angket minat belajar siswa yang diterapkan dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik ice breaking.

Berdasarkan hasil persamaan regresi Y = 23,016 + 1,163X dengan nilai konstanta (a) sebesar 23,016 merupakan estimasi kontribusi yang diberikan oleh faktor diluar ice breaking terhadap minat belajar siswa. Nilai koefisien regresi (b) = 1,163 > 0,05, diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dari ice breaking (X) terhadap minat belajar (Y). Diperoleh nilai thitung  sebesar 3,423 dan ttabel sebesar 2,074 maka thitung  >  ttabel. Dapat disimpulakn bahwa pengaruh pemberian teknik ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran berpengaruh dan proses belajar mengajar siswa cukup aktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-14