PENGARUH MODEL TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA 3 BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN KELAS IV SD NEGERI 091488 BAH SAMPURAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Team Quiz terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan jenis one group pretest posttest design.
Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 091488 Bah Sampuran tahun ajaran 2022/2023, adapun samplenya yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 22 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar, data yang diperoleh selanjutnya dianilisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yakni statistika deskriptif.
Data analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) = 49,54 dengan persentase tingkat pemahaman 18,18% berada dalam kategori rendah dan nilai rata-rata (posttest) = 80,45 dengan persentase tingkat pemahaman 40,90% berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis setelah diperoleh thitung = 11,19 dan ttabel = 2,080 maka diperoleh thitung > ttabel atau 11,19 > 2,080.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Team Quiz memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sub tema 3 bersyukur atas keberagaman kelas IV SD negeri 091488 Bah Sampuran.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.