PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 PADA PEMBELAJARANTEMATIK TEMA 3 SUBTEMA 2 DI SD NEGERI 091488 BAH SAMPURAN

  • Selly Opalin Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hedty Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Media kartu huruf, Kemampuan membaca

Abstract

Penulisan Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh media pembelajaran kartu huruf dalam meningkatakn kemampuan membaca siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 2 di SD Negeri 091488 Bah Sampuran Kecamatan Jorlang Hataran Kabupaten Simalungun. 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design Pre-Experimental dengan metode One Group Pretest – Posttest yang dilaksanakan di SD Negeri 091488 Bah Sampuran pada siswa kelas 1 dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Statistik Descriptive dan Analisis Statistic Inferensial . Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Uji-t One Group Sampel, serta untuk melihat tingkat efektivitas pengaruh media kartu huruf dilakukan dengan menggunakan Uji N-Gain Score.

Hasil akhir penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1, dengan hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan t-hitung (15,496) sedangkan nilai t-tabel (1,771), karena t-hitung > t-tabel maka terbukti bahwa terdapat pengaruh  media pembelajaran kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dengan tingkat efektivitas berdasarkan hasil uji N-Gain yaitu cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik  tema 3 subtema 2 di SD Negeri 091488 Bah Sampuran.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-21