PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEM I MACAM-MACAM SUMBER ENERGI DIKELAS IV SDN 091563 AFD II PAGAR JAWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema I Macam-macam Sumber Energi di kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa sebanyak 22 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Instrument yang digunkan dalam penelitian ini adalah Pre-Test dan Pos-Test yang telah dilakukan melalui uji prasyarat analisis yaitu, Uji Normalitas, Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil Uji Hipotesis menggunakan bantuan program Windows SPSS 21 dengan perhitungan Uji t dan taraf Signifikansi 0,000, jika nilai Signifikansi (2-tailed) <0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Model kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Sub Tema I Macam-macam Sumber Energi di kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema I Macam-macam Sumber Energi di kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa sebanyak 22 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Instrument yang digunkan dalam penelitian ini adalah Pre-Test dan Pos-Test yang telah dilakukan melalui uji prasyarat analisis yaitu, Uji Normalitas, Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil Uji Hipotesis menggunakan bantuan program Windows SPSS 21 dengan perhitungan Uji t dan taraf Signifikansi 0,000, jika nilai Signifikansi (2-tailed) <0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Model kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Sub Tema I Macam-macam Sumber Energi di kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.