PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR

  • Ayu Wulandari Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar B. Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan satu kelas belajar yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji t.

Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif teams games tournament terhadap minat belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar IPS siswa dimana pada hasil pre test memiliki presentase sebesar 22% dan pada hasil post test memiliki presentase sebesar 61%. Nilai uji t dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05  dan thitung > ttabel sebesar 3,983 > 2,08596. Artinya model pembelajaran TGT berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar IPS.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif teams games tournament (TGT),

 Minat Belajar IPS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-24