PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 124405 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 124405 Pematangsiantar. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 124405 Pematangsiantar yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa.
Berdasarkan data pre-test dan post-test didapatkan prentase di dapatkan nilai rata-rata siswa pre-test sebesar 47,16 dan rata-rat nilai siswa post-test yakni 84,36. Data tersebut menunjukkan adanya pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka di dapat kesimpulan yaitu media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 124405 Pematangsiantar. Hal tersebut dilihat dari mencari ttabel peneliti menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Pembelajaran Tematik
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.