PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 125138 Pematangsiantar yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa.
Dalam data pre-test dan post-test didapatkan nilai rata-rata siswa pada pre-test yakni 45. Dan nilai rata-rata siswa pada post-test yakni 79,04. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikasi(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Nilai Sig.(tailed-2) sebesar 0,000 < 0,05 yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.