PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR

  • Nur Andini Cintana Febyatanri Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hedty Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar, Metode Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 125138 Pematangsiantar yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa.

   Dalam data pre-test dan post-test didapatkan nilai rata-rata siswa pada pre-test yakni 45. Dan nilai rata-rata siswa pada post-test yakni 79,04. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikasi(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Nilai Sig.(tailed-2) sebesar 0,000 < 0,05 yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-15