PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 125138 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pra-eksperimen (Pre-Experimental) yang merupakan penelitian sistematis untuk menguji hipotesis hubungan sebab-akibat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 125138 Pematangsiantar dan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan menerapkan model bermain peran (role playing) siswa kelas 1 SD negeri 125138 Pematangsiantar. Hasil penelitian yang telah dilakukan ialah pembelajaran dengan model bermain peran (role playing) ini dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak, maka Ha di terima yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkat hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Dan dengan penggunaan model ini dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar 72% siswa yang memperoleh nilai ≥75
Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing ,Hasil Belajar
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.