PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA2 KELAS IV SD NEGERI NO. 124386 JL. PISANG
Abstract
Penulisan Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media poster terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 Kelas IV SD Negeri 124386 Jl. Pisang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design True Experimental dengan tipe pretest-posttest control group design yang dilaksanakan di SD Negeri 124386 Jl. Pisang pada siswa kelas IV dengan jumlah populasi sebanyak 44 siswa dan sampel sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Statistik Descriptive dan Analisis Statistic Inferensial . Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Uji-t pretest-posttest control group design,serta untuk melihat tingkat efektivitas pengaruh media poster dilakukan dengan menggunakan Uji Normalitas. Hasil akhir penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media poster terhadap hasil belajar siswa kelas IV, dengan hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan t-hitung (9,550) sedangkan nilai t-tabel (1,721), karena t-hitung > t-tabel maka terbukti bahwa terdapat pengaruh media poster terhadap hasil belajar siswa kelas IV.
Kata Kunci : Media Poster, Hasil Belajar, Tematik
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.