PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDN 095130 SENIO BANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas II SDN 095130 Senio Bangun. Di dalam penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dengan menggunakan design one-group pretest-posttetst design. dengan jumlah populasi 113 siswa dan yang menjadi sampelnya adalah kelas II dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posstet. Teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data hasil observasi dan penelitian aktivitas belajar siswa kelas II SDN 095130 dalam kategori baik. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis deskripsi yaitu pretest siswa terhadap media audio visual berbasis video 79,25 posstest respon siswa terhadap hasil belajar 65,15 berkategori sangat baik. Dan berdasarkan hipotesis yang diuji dengan analisis uji –T menunjukkan bahwa nilai signifikan sig (2-tailed) < 0,05 (0,000<0,05) maka di simpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 095130 Senio Bangun.
Kata Kunci: Media Audio Visual Berbasis Video, Dan Hasil Belajar.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.