PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 1 BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN DI KELAS V UPTD SDN 122345 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 122345 Pematang Siantar yang melibatkan seluruh siswa kelas V. pada kelas V diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Sebelum diberikan perlakuan pada kelas V, kelas tersebut diberikan lembar soal pretest terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun nilai rata-rata pretest yaitu 50,36. Setelah diketahui kemampuan awal siswa, selanjutnya siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan model inkuiri. Setelah itu siswa kembali diberikan lembar posttest adapun nilai rata-rata posttest pada kelas V yaitu 86,14. Berdasarkan nilai rata-rata posttest, terlihat bahwa lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Dengan menggunakan uji T diperoleh bahwa nilai thitung >ttabel yaitu 50,36>86,14 dengan taraf kesalahan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa Hoditolak dan H1diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 122345 Pematangsiantar. Kata kunci : Model inkuiri, Hasil Belajar, TematikPenelitian ini dilakukan di UPTD SDN 122345 Pematang Siantar yang melibatkan seluruh siswa kelas V. pada kelas V diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Sebelum diberikan perlakuan pada kelas V, kelas tersebut diberikan lembar soal pretest terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun nilai rata-rata pretest yaitu 50,36. Setelah diketahui kemampuan awal siswa, selanjutnya siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan cara yang berbeda yaitu dengan menggunakan model inkuiri. Setelah itu siswa kembali diberikan lembar posttest adapun nilai rata-rata posttest pada kelas V yaitu 86,14. Berdasarkan nilai rata-rata posttest, terlihat bahwa lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Dengan menggunakan uji T diperoleh bahwa nilai thitung >ttabel yaitu 50,36>86,14 dengan taraf kesalahan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa Hoditolak dan H1diterima, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 122345 Pematangsiantar.Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.