PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 2 TUBUHKU DI KELAS 1 SD SWASTA HKBP TOMUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tema 1 subtema 2 tubuhku kelas I SD Swasta HKBP Tomuan dengan menggunakan Media Kartu Kata. Peneliti menggunakan Pre-Eksperimental Design (keterbatasan jumlah sampel yang akan diteliti) menggunakan One group pretest dan posttes yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (posttest) tanpa ada kelompok perbandingan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal pilihan ganda yang diberi melalui pretest dan posttest. data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis (t). dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t sebesar 0,00 < 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan media komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran tematik di kelas I SD Swasta HKBP Tomuan.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tema 1 subtema 2 tubuhku kelas I SD Swasta HKBP Tomuan dengan menggunakan Media Kartu Kata. Peneliti menggunakan Pre-Eksperimental Design (keterbatasan jumlah sampel yang akan diteliti) menggunakan One group pretest dan posttes yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (posttest) tanpa ada kelompok perbandingan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal pilihan ganda yang diberi melalui pretest dan posttest. data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis (t). dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t sebesar 0,00 < 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan media komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran tematik di kelas I SD Swasta HKBP Tomuan.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.