ANALISIS PERAN GURU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 091556 NAGOJOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru kelas untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 091556 Nagojor serta faktor penghambat dan pendukung dalam membentukan karakter tanggung jawab siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif lebih bersifat deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru kelas untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 091556 Nagojor terlaksanakan hal ini ditunjukkan melalu peran guru sebagai pengajar dan pembimbing. Adapun faktor pendukung pembentukan karakter tanggung jawab siswa yaitu peran aktif para Bapak dan Ibu guru disekolah, faktor orang tua dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghabat yang ditemukan guru untuk membentuk karakter tanggung jawab siswa yaitu usia siswa yang masil labil dan kurangnya motivasi dari dalam diri siswa.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.