PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 094109 RAYA PINANTAR

  • Vina Adelia Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hedty Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Keywords: Media Booklet, Kemampuan Membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Booklet terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas IV SD Negeri 094109 Raya Pinantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design, yaitu jenis penelitian yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan dilakukan tanpa kelompok pembanding dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang gambaran pengaruh penggunaan Media Booklet terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 094109 Raya Pintar. Populasidari penelitian ini adalah keseluruhan siswa di SD Negeri 094109 Raya Pinantar sebanyak 154 orang peserta didik dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 094109 Raya Pinantar sebanyak 30 orang peserta didik.Adapun instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar tertulis, data yang diperoleh selanjutnya dianilisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yakni analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Data analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata (mean) pre-test sebesar  50,84 dengan persentase kemampuan membaca peserta didik dengan persentase 73,33% sangat rendah, 3,34% rendah, 10% sedang, 13,33% tinggi dan 0% sangat tinggi dan nilai rata-rata (posttest) = 79,83%  dengan kemampuan membaca peserta didik setelah penggunaan media Booklet  dapat dilihat perubahannya berdasarkan persentase yang diperoleh yaitu 20,00%, tinggi 53,33%, sedang 26,67%, rendah 3,33 %, dan sangat rendah berada pada persentasi 0,00%.Hasil uji hipotesis setelah diperoleh thitung = 13,38 dan ttabel = 1,6991 dengan demikian diperoleh kesimpulan thitung  ≥ ttabel atau 13,38 ≥ 1,6991.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar,Sa’adun.2015.”Instrumen Perangkat Pembelajaran”. Bandung:Rosda
Amalia,Falina Noor.2017.”Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa”.Vol 1.No 1. Hal 42-54
Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi VI.Jakarta: PT.Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi.2011.Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi VII.Jakarta: PT.Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Amalia,Falina Noor.2017.”Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa”.Vol 1.No 1. Hal 42-54
Dewi,Wahyu Kartika.2006.“Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ganesha Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara”.Skripsi diterbitkan.Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Fahmi,Nur.2018.Pengarh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pannampu Kota Makasar.Skripsi diterbitkan.Makassar : FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari,Desi Karuania.2017. Penerapan Media Booklet Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa (Membaca Awal) Pada Kelompok B Di Tk Kemala Bhayangkari 34 Kendal.Skripsi diterbitkan.Semarang : FKIP Universitas Negeri Semarang
Sudjana.2005.Metoda Statistika.Bandung:Tarsito
Sukardi.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi.2008.Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta.Bumi Aksara
Sugiyono.2015.Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development.Yogyakarta:Alfabeta
Published
2022-10-20