PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA SD NEGERI 89 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V di SD Negeri 89 Ambon pada materi panas dan perpindahannya dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe STAD dalam pembelajaran daring menggunakan Microsoft Teams. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal terdapat 31 (88,6%) peserta didik pada kualifikasi gagal dan 4 (11,4%) peserta didik pada kualifikasi cukup dengan rata-rata pencapaian peserta didik pada tes awal yakni 48,00. Setelah menerapkan model pembelajaran koperatif tipe STAD diimplementasikan dalam pembelajaran daring menggunakan Microsoft Teams, diperoleh rata-rata keseluruhan skor pencapaian peserta didik pada tes akhir sebesar 82,00. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan peserta didik telah memahami materi panas dan perpindahannya. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar kognitif dengan menggunakan rata-rata gain ternormalisasi diperoleh bahwa rata-rata peningkatan sebesar 0,73 pada kualifikasi tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD dalam pembelajaran daring menggunakan Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi panas dan perpindahannya.
Downloads
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.