PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA BERBASIS NILAI KEADILAN SOSIAL DI KELAS IV SD KRISTEN TIOUW

  • Mersi Heumasse PGSD
  • Samuel Patra Ritiauw Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Nathalia Y Johannes Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Elsinora Mahananingtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
  • Ariantjie Lesnussa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Peran guru, karakter siswa, nilai keadilan sosial

Abstract

Pendidikan adalah upaya mendidik peserta didik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan sumber data primer yaitu data yang diperoleh dari informan berdasarkan hasil wawancara dan observasi dari kepala sekolah, guru kelas, siswa dan orang tua sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh melalui studi literatur, referensi, dokumen dan observasi. Dari hasil penelitian di SD Kristen Tiouw memiliki visi, misi, tujuan, saran, data kepangkatan pegawai, dan struktur organisasi sekolah. Semua itu harus dikembangkan dalam rangka meningkatkan mutu sekolah menjadi maju, bermutu, dan bermutu. Di SD Kristen Tiouw juga Peran guru dalam membentuk karakter siswa sangat baik. Baik secara waktu, cara berpakaian, perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan adab perilaku telah diterapkan pada siswa. sedangkan peran guru dalam membentuk nilai keadilan sosial di kelas IV juga baik karena setiap proses pembelajaran berlangsung siswa diharapkan fokus pada setiap mata pelajaran yang akan berlangsung dan setiap tugas yang diberikan harus bertanggung jawab mengerjakannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cristian Siregar. “ Pancasila,Keadilan Sosial dan Persatuan Indonesia”. Vol.5, No.1, April 2014. Kemanggisan-Pamerah, Jakarta.
Cut Zahri Harun. “ Manajemen Pendidikan Karakter”. FKIP Universitas syiah kuala. Tahun III, No 3, Oktober 2013.
Drs.H.M. Idrus Hasibuan,M.Pd. “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)”. Vol.11,No.01, januari 2014. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan.
Dwi Putri Yesya, Desyandri, Elma Alwi. “ Pengaruh Pengunaan Model Contectual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar”.Vol 6, No.1,2018. Universitas Negeri Padang, Indonesia.
Dewi Kartini, Dinie Anggraeni Dewi. “ Implementasi Pancasila Dalam Pendidikan Sekolah Dasar”. Vol.3, No.1,2021. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Elly Kristiani Purwendah “ Konsep Keadilan Ekologi dan Keadilan Sosial Dalam Sistem Hukum Indonesia Antara Idealisme dan Realitas”. Vol.5. No 2, Agustus 2019.
Hamruni. “ Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual”. Vol.XII,No 2, Desember 2015. Guru Besar FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Henny Sri Rantauwati. “Kolaborasi Orang Tua dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD”. SD Negeri Delegan 3.
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 84-94.
Muklis,Hajid. “ Pendidikan dan Keadilan Sosial”. Vol. 08, No.01, Juni 2020. Institut Kariman Wirnyudha( INKADHA) Sumenep.
Mutiara Shinta1, Siti Quratul Ain. “Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar”. Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021.
Rifaldi Putra Zulkarnaen, Didik Iswahyudi. “Implementasi Model CTL dalam Meningkatkan Nilai Karakter Bangsa Pada Siswa Kelas X”. Vol 3, Tahun 2019. Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia.
Ririn Ayu Wulandari. “ Sastra Dalam Pembentukan Karakter Siswa”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. PPS Universitas Negeri Medan. Vol.2, No.2, September 2015.
Sulhani Hermawan. “Tinjauan Keadilan Sosial Terhadap Hukum Tata Pangan Indonesia”. Vol.24, No.3, Oktober 2012. Jurusan Syairah, Fakultas Syairah dan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam, Negeri Surakarta.
Yudha Pradana. “ Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah”. Studi di SD Amaliah ciawi bogor. Vol.1, No.1, April 2016.
Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiatu. Rasail Media Group
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1991), hlm.250.
Hifza, Pendidik dan Kepribadiannya dalam Al-Qur’an, (Yogyakarta: Tesisi Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010), hlm. 42.
Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan, “Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010), hlm. 143.
Published
2022-11-21