ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM)

  • Johannis Takaria Program Studi PGSD FKIP Unpatti
  • Nessy Pattimukay Program Studi PGSD FKIP Universitas Pattimura
  • Kristin M Kaary Program Studi PGSD FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Literasi numerasi, Representasi, Kemampuan Awal Matematis

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan tiga siswa dalam kategori KAM tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi untuk ketiga level. Siswa KAM rendah dan sedang belum terstruktur dalam menyelesaikan soal, sedangkan level tinggi dapat menyelesaikan secara terstruktur. Siswa dengan KAM berbeda belum optimal dalam menggunakan representasi gambar, dimana mereka hanya mendeskripsikan penyelesaian. Hasil ini megindikasikan perlu dilakukan inovasi melalui penggunaan model, strategi, dan metode pembelajaran kreatif bernuansa kontekstual. Siswa juga perlu dilatih untuk megerjakan soal berbasis literasi numerasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), pp. 2857-2868.
Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga).
Farmer , L., & Stricevic, I. (2011). Using research to promote literacy and reading in libraries: Guidelines for librarians. International Federation of Library Associations (IFLA)
Glowa, L. (2016). Student-Centered Learning : Functional Requirements for Integrated Systems to Optimize Learning. The International Association for K–12 Online Learning
Green, D. A., & Riddell, W. C. (2015). Understanding Educational Impacts: The Role of Literacy and Numeracy Skills. (Online), Tersedia: https://conference.iza.org/conference _files/2015_Skill_Mismatch/ riddell_w5670.pdf
Hailikari, T., Katajavuori, N., & LindblomYlänne, S. (2008). The Relevance of prior knowledge in learning and instructional design. American journal of pharmaceutical education, 72(5), pp 113
Kemendikbudristek (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. (Online) Tersedia: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf
Novitasari, M., Narimo, S., Fajri, D. N., & Raisia, A. (2022). Critical Thinking Skills Through Literacy and Numeration Oriented Mathematics Student Worksheet, 4(22).
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.
Pattimukay, N. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 9(2), 103-110.
Pratiwi, I. M., Apriani, L., & Pratama, R. A. (2020). Supporting The Numeracy Literacy Skill Of Elementary School Students, Jurnal Pengajaran MIPA, 25(2).
Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155-167
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analysis of Numerical Literacy Ability by Self Efficacy of Junior High School Students, EDUMATICA, Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33).
Setiawan., Dafik., & Sri Lestari, N. D. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitanntya Dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember.
Takaria, J., & Rumahlatu, D. (2016). The effectiveness of CPS-ALM model in enhancing statistical literacy ability and self concept of elementary school student teacher. Journal of Education and Practice, 7(25), 44-49.
Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematik. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395-408
Published
2022-10-31