MODEL PEMBELAJARAN STAD DIPADUKAN DENGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LATIHAN I AMBON
Abstract
Memberdayakan siswa berpikir dapat dilakukan dengan mengintegrasikan komponen-komponen berpikir pada setiap bahan pembelajaran maupun aktivitas siswa. Ketrampilan berpikir dan proses serta fungsi kognitif dapat dimediasi dan dikembangkan dengan memperluas cakupan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran model pembelajaran STAD dipadukan dengan Video Animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD Negeri Latihan 1 Ambon. Pembelajaran dengan model STAD mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa selama proses pembelajaran. Dari keseluruhan siklus yang terdiri 4 pertemuan, diperoleh data peningkatan nilai tes persiklus. Hasil yang meningkat ini menunjukan bahwa guru sudah mampu menerapkan model Pembelajaran STAD dipadukan dengan Video Animasi untuk mengetahui hasil belajar IPA.
Downloads
References
Delors, Jacques. 1996. Learning : The Treasure Within. UNESCO
Fisher R. 2005. Teaching thinking and creative: developing creative minds and creative future. www.amazon.uk. Diakses tanggal 21 Oktober 2018.
Galyam N & Le Grange L. 2005. Improving thinking skills in science of learners with (dis)abilities. South African Journal of Education. Vol 25(4)239–246.
Marzano, Robert J. et.all. 1988. Dimension Of Thinking,USA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Marzano, R. J. 1993. Designing a New Taxonomy of Educational Objectives. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Meyer R.A, 1986, “Hand Book of Chemical Production Process”, Mc Graw Hill Book Company Inc., New York.
Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Belajar Mengajar, (Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2000), hlm. 39-40 Ngappan)
Karwono. 2010. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Cerdas Jaya, Ciputat.
Rustaman N. Y. 2008. Kebiasaan berpikir dalam pembelajaran berpikir dan asesmennya. Makalah. Disampaikan pada Konaspi tanggal 17-18 November 2008.
Samatowa Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempenagruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta
Slavin,R.E. 2010. Cooperative Learning. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media
Wenno, I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2022 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.