MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA DONGENG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 85 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita dongeng dengan menggunakan media animasi pada siswa kelas III SD Negeri 85 Ambon.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 85 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus nilai akhir dan rata-rata nilai siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III SD Negeri 85 Ambon dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari Pencapaian kemampuan menyimak cerita dongeng pada hasil tes awal sebesar 52.05. pada siklus I meningkat sebesar 68.1 terjadi peningkatan kemampuan menyimak dengan penggunaan media animasi. Kemudian dilanjutkan siklus II untuk memperbaiki kendala yang dialami pada siklus I . siklus II terjadi peningkatan sebesar 79.77. Dengan demikian pembelajaran menyimak menggunakan media animasi di SD NEGERI 85 Ambon telah mengalami peningkatan.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.