PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui model PBL pada Siswa kelas IV SD Negeri 5 Ambon. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 5 Ambon. Data penelitian berupa data proses dan data produk diperoleh melalui teknik pengamatan, wawancara, dan penugasan. Insrumen yang digunakan adalah pedoman pengamatan, pedoman wawancara, dan lembar penugasan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data model alir yang meliputi kegiatan reduksi data, pemaparan data, verifikasi, penyimpulan data dan dihitung presentasi ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, baik dari segi proses maupuan dari segi produk. Dari segi proses, pembelajaran menulis puisi pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan motivasi dan kreaktivitas siswa. Dari segi produk, penerapan model PBL pada tahap penemuan ide dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami unsur-unsur dan pola penulisan puisi, menemukan ide yang berasal dari pengamatan, dan mendeskripsikan objek pengamatan sesuai dengan pola puisi yang dipilih.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.