PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTAHANAN TUBUH DIKELAS XI IPA 2 SMAN 3 SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas Sebelas di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan memakai metode pembelajaran Student Team Achievment Divisio (STAD). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Team Achievment Division (STAD) perlu diterapkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Salahutu. Data skor tes akhir siklus pertama diperoleh skor rata-rata 79,64 dengan ketuntasan klsikal sebesar 81,25%, pada siklus kedua diperoleh skor rata – rata 85,38 dengan ketuntasan klasikal masing-masing sebesar 7,21 dan15,39%, hal ini mengidentifikasikan bahwa setelah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran STAD siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 3 salahutu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.