PENGEMBANGAN MEDIA MISCA (FLASHCARD MISTERI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V SDN DAWUNG 02 KABUPATEN TUBAN
Abstract
Penelitian pengembangan media flashcard misteri berbasis karakter dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa pembelajaran. Data hasil wawancara terhadap siswa diperoleh data bahwa siswa lebih menyukai jika pada saat pembelajaran berlangsung guru menggunakan media. Media yang disukai siswa adalah media yang kekinian. Tujuan penelitian ini mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media flashcard misteri berbasis karakter untuk siswa kelas 5 dengan jumlah subjek teliti 21 orang. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media,ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media flashcard misteri berbasis karakter yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid untuk digunakan dengan presentase untuk ahli materi 78% dan ahli media 85%, ahli bahasa 93% serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media flashcard misteri berbasis karakter yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 86% dan angket respon siswa 84%. Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil sebesar 84% dengan 17 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 4 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media flashcard misteri berbasis karakter yang dikembangkan layak/valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.