KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN MENERAPKAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SIRIMAU

  • Charles Ijanleba Prodi PJOK, FKIP Universitas Pattimura
  • Mieke Souisa Prodi PJOK, FKIP Universitas Pattimura https://orcid.org/0000-0001-9872-0601
  • Idris Moh. Latar Prodi PJOK, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Kreatifitas, Guru, Permainan Tradisional, Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kretifitas guru menerapkan permainan tradisional dalam pembelajarn Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) pada jenjang Sekolah Dasar (SD) di kecamtan Sirimau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, dengan pendekatan “kuantitatif”. Selanjutnya Instrument dalam penelitian ini yaitu kuesioner, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu “Statistik deskriptif”, dengan menghitung persentasi kreatifitas guru PJOK jenjang Sekolah Dasar menerapkan permainan tradisional.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) Subyek penelitian mengenal dan memahami dengan baik konsep permainan tradisional tentang jenis, tujuan, dan manfaat dari permainan tradisional. (2) Namun jarang untuk memanfaatkan dalam setiap pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada setiap jenjang kelas, hanya pada jenjang kelas III, Kelas IV, Kelas V saja. (3) Permainan tradisional hanya diimplementasikan untuk materi gerak Lokomotor, Gerak Non Lokomotor, dan Gerak manipulatif saja, dan materi lainnya tidak pernah. (4) Subyek penelitian kurang kreatif memanfaatkan dan menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-27