PENGUNGKAPAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 94 MALUKU TENGAH
Abstract
Asesmen bimbingan dan konseling dalam rangka pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dapat menggunakan Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan masalah siswa dengan menggunakan AKPD di SMP Negeri 94 Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian yaitu variabel tunggal. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total populasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) yang diadaptasi dari Andori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terungkap masalah peserta didik terbanyak ada pada bidang pribadi sebanyak 101,3%, bidang sosial sebanyak 72,25%, bidang belajar sebanyak 71,32%, dan bidang karir sebanyak 55,4%.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.