PROFIL RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMP PASCA PANDEMI COVID-19
Abstract
Virus Covid-19 yang sudah menyebar di seluruh dunia menimbulkan gangguan terbesar pada bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil resiliensi siswa SMP pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 65 siswa yang diperoleh secara random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket resiliensi berdasarkan teori resiliensi Reivich dan Shatte (Shatte & Reivich, 2020). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 45 siswa (69,23%) berada pada kriteria sedang, sebanyak 20 siswa (30,76%) berada pada kategori tinggi. Dengan demikian resiliensi pada siswa SMP pasca pandemi covid-19 berada pada kriteria sedang. Data penelitian ini memperlihatkan gambaran resiliensi siswa yang memerlukan layanan responsif terkait perkembangan resiliensi siswa.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.